Android 12 Memungkinkan Pencarian Perangkat Universal dari Peluncur Pihak Ketiga

- 5 April 2021, 17:01 WIB
Aplikasi pencarian pihak ketiga
Aplikasi pencarian pihak ketiga /

BERITA SUBANG - "Pencarian" selalu menjadi komponen inti Android - karena bagaimanapun juga sistem operasi ini dibuat oleh Google. Tetapi salah satu trik paling keren dari sistem ini telah disediakan untuk peluncur dan widget milik Google sendiri: kemampuan untuk mencari melalui aplikasi Anda sendiri dan hasil pencarian web sekaligus.

Kemampuan itu mungkin datang ke semua peluncur dan aplikasi dalam waktu dekat, menurut dokumentasi pengembang untuk Android 12.

Untuk lebih spesifik, kita berbicara tentang perilaku yang kita lihat saat menelusuri dari widget Google, baik dari Pixel Launcher atau menggunakan peluncur lain dengan widget yang ditempatkan di layar Anda. Pencarian ini mengakses data pencarian web Google dan daftar aplikasi yang diinstal pada ponsel Anda. Peluncur pihak ketiga tidak dapat melakukan ini dalam daftar aplikasinya sendiri.

Baca Juga: Sebuah E-Commerce Memperlihatkan Bocoran Spesifikasi dan Penampilan Oppo A74 5G

Misalnya, pencarian laci Nova Launcher memiliki tautan untuk mencari kueri di Google atau PlayStore, tetapi tidak dapat mengisi daftar dengan apa pun kecuali entri dari aplikasi yang telah kita instal sendiri. Sangat mungkin sebenarnya untuk mengembangkan ini dengan alat pihak ketiga seperti Sesame Search, tetapi untuk saat ini masih jauh dari pengalaman yang mulus.

Pencarian dalam aplikasi Nova Launcher saat ini, terbatas pada daftar aplikasi yang diinstal pada perangkat, tanpa integrasi web.
Pencarian dalam aplikasi Nova Launcher saat ini, terbatas pada daftar aplikasi yang diinstal pada perangkat, tanpa integrasi web.

Pembaruan itu ditemukan oleh pengembang Niagara Launcher dan diposting ke Twitter. Entri API "AppSearchManager", menurut dokumentasinya, memungkinkan aplikasi apa pun mengaktifkan indeks AppSearch terpusat, bahkan mungkin termasuk mangambil tindakan dalam aplikasi.

Seperti, katakanlah, mencari di dalam Google Doc atau menemukan foto lokal tertentu yang diindeks di aplikasi galeri. Fungsionalitas itulah yang mencerminkan alat pencarian lokal yang lebih kuat, seperti yang terlihat di Windows dan MacOS, dan bahkan fungsi pencarian standar yang ada di layar beranda iOS.

Baca Juga: Earphone Realme Buds Air 2 Neo TWS Akan Hadir pada 7 April dengan Active Noise Cancellation

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah