Api yang Masih Menyala di Rest Area KM 86 B Tol Cipali Diberi Perisai, ESDM: 'Itu Bukan dari Pipa Pertamina'

- 27 April 2023, 23:40 WIB
/Dok. Astra Tol Cipali/

BERITA SUBANG - Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengatakan fenomena semburan api yang keluar di Rest Area Tol Cikopo-Palimanan KM 86 B di Subang bukan disebabkan karena adanya kebocoran pipa gas PT Pertamina.

Menurut Iwan Sukma Gumilar, Penyelidik Bumi Muda Bidang Sumber Daya Migas Pusat Survei Geologi, wilayah utara Jabar banyak yang memiliki lapangan migas.

"Fenomena yang terjadi ini dugaan sementara penyebabnya adalah bukan dari pipa Pertamina melainkan karena adanya kebocoran atau rembesan gas yang ke luar dari permukaan di daerah ini,” kata Iwan Kamis, 27 April 2023.

Kata Iwan, pihaknya bakal mengambil sampel gas dari area semburan api tersebut dengan tujuan untuk mengetahui jenis gas yang muncul. Hal tersebut dilakukan apabila situasi telah kondusif.

Menurut Iwan, ada dua jenis gas yang diduga menjadi penyebab semburan api itu, yakni gas biogenic atau thermogeni.

"Penyebab terjadinya kebocoran gas ini sendiri belum bisa dipastikan karena harus diselidiki lebih lanjut penyebab berkurangnya tekanan," ungkapnya.

Begini upaya pemadaman api

Kobaran api yang masih menyala di KM 86 B membuat Kapolres Subang AKBP Sumarni sibuk.

Ia harus memastikan tidak ada korban jiwa akibat hal tersebut dan dirinya turut melakukan pemantauan bersama pihak terkait.

Kapolres memimpin rapat gabungan dengan pengelola Astra Tol Cipali, BPBD Subang, Pertamina EP, PT PGN dan pihak terkait lainnya untuk menanggulangi kobaran api tersebut.

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x