Manik-Manik Diduga Peninggalan Sejaman Dinasti Han Sering Ditemukan di Situs Datar Patenggeng Subang

- 26 Oktober 2022, 00:07 WIB
Temuan masyarakat di Situs Datar Patenggeng Subang.
Temuan masyarakat di Situs Datar Patenggeng Subang. /Ratna Ning/

BERITA SUBANG - Serpihan manik-manik, keramik, tembikar, kerak besi hitam, dan emas diduga sejaman Dinasti Han hingga tengkorak purbakala masih ditemukan di situs cagar budaya Datar Patenggeng di Subang.

Patenggeng adalah situs sejarah yang berada di atas bukit yang datar yang oleh masyarakat setempat di namakan Datar Patenggeng di Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat.

Dinamakan Datar Patenggeng karena memang situs Patenggeng terletak di sebuah bukit yang di bagian puncaknya rata atau datar. 

Baca Juga: Diperiksa Polres Jakbar, Ini Wajah Wanita Bersenjata yang Coba Terobos Istana Kepresidenan

Areal keseluruhan Datar Patenggeng itu seluas 28 hektare, berada di wilayah Desa Margasari, Kecamatan Dawuan, Kabupaten Subang, Jawa Barat. 

Situs Sejarah Patenggeng adalah tempat cagar budaya yang sejak tahun 1985 sudah dinyatakan dan diakui Pemerintah Daerah Kabupaten Subang sebagai salah satu suaka cagar budaya. 

Patenggeng yang berada di wilayah Desa Margasari, Kecamatan Dawuan, Kabupaten Subang adalah suatu tempat yang disinyalir pernah terjadi peradaban atau adanya siklus kehidupan yang berlangsung di abad silam. 

Baca Juga: Polisi Tangkap DPO Penusuk Anak di Cimahi, Pelaku dalam Kondisi Mabuk Ingin Rampas Hp Korban

Hal itu terbukti dengan ditemukannya potongan-potongan keramik tembikar, batu granit, dan beberapa benda peradaban zaman dulu yang tergali di tempat itu. 

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari

Sumber: Ratna Ning


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x