Pertukaran Seni Budaya Internasional 2022 Indonesia India, Wabup Subang Kang Akur: Ini Bukan Invasi Budaya

- 2 Agustus 2022, 15:56 WIB
Wabup Subang Kang Akur buka Pertukaran Seni Budaya Internasional 2022 Indonesia India di Sampalan Citapen Purwadadi, Senin 1 Agustus 2022.
Wabup Subang Kang Akur buka Pertukaran Seni Budaya Internasional 2022 Indonesia India di Sampalan Citapen Purwadadi, Senin 1 Agustus 2022. /dok. Prokompim Setda Subang/

BERITA SUBANG - Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi (Kang Akur) menandai pembukaan Pertukaran Seni Budaya Internasional 2022 Indonesia India, Senin 1 Agustus 2022.

Kang Akur menegaskan, pertukaran budaya bukan invasi budaya, tetapi bagaimana agar saling memahami dan menghormati.

Agenda kegiatan yang bertema "Culture Artis Exchange for Peace In The World" itu merupakan program pertukaran seni budaya Indonesia dengan seni budaya India, digelar di Sampalan Citapen Purwadadi, Subang, Jawa Barat.

Ketua Pelaksana Puragajati Kusuma Sundayana menyampaikan di era globalisasi ini, sekat pemisah antar suatu negara terhadap negara lainnya semakin terbuka.

Arus komunikasi dan informasi yang sangat cepat, membuat kebudayaan asing masuk lebih mudah, dan kita harus tetap bisa beradaptasi, namun tetap mempertahankan budaya kita.

Baca Juga: Kompolnas Minta Ferdy Sambo Dinonaktifkan Sebagai Kepala Satgassus Polri

"Kegiatan ini merupakan momentum dalam merawat dan menjaga budaya Indonesia. Ini menjadi momen pertukaran budaya yang pertama diselenggarakan di Subang" ucapnya.

Sama halnya apa yang disampaikan Owner Sampalan Citapen, Bambang Herdadi, bahwa edukasi budaya bisa lahir dari berbagai diskursus dan edukasi sehingga ke depan bisa berkembang sesuai dengan tantangan dan perubahan sosial

"Bisa berkembang karena kita sharing dengan berbagai negara dan merupakan media edukasi budaya untuk siswa yang hadir di Citapen," ungkap Bambang.

Senada, Ridwan Solihin selaku anggota DPRD Jawa Barat, menyebut bahwa kegiatan ini dalam rangka upaya menjaga eksistensi budaya. 

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x