Wabup Agus Masykur Berharap Kampung Inovasi IPB di Desa Kiarasari, Subang Dapat Gali Potensi Pertanian

- 24 September 2021, 21:39 WIB
Penandatanganan MoU kerja sama Kampung Inovasi IPB di Subang.
Penandatanganan MoU kerja sama Kampung Inovasi IPB di Subang. /Dok. Prokompim Setda Subang/

BERITA SUBANG - Institut Pertanian Bogor (IPB) menandatangani MoU kerja sama terkait Kampung Inovasi IPB di Subang dengan Pemerintah Kabupaten Subang di Desa Kiarasari Kecamatan Compreng, Jumat 24 September 2021.

Penandatanganan tersebut dilakukan antara Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi dengan Dekan Fakultas Pertanian IPB, dan pimpinan CV Sari Bumi Nusantara yang disaksikan Staf Ahli Bupati Asep Setia Permana, Kabag Kerjasama dan para tamu undangan lainnya.

Dalam acara itu Kepala Desa Kiarasari Kecamatan Compreng Samsudin merasa bangga atas dipilihnya Desa Kiarasari menjadi kampung inovasi IPB.

"Saya berharap dengan ditetapkannya kampung inovasi IPB di Desa Kiarasari mampu menggali potensi pertanian yang lebih baik karena mayoritas masyarakat Desa kiarasari bermatapencaharian sebagai petani,"Ucap Kades Samsudin.

Sementara itu, Dekan Faperta IPB Dr. Ir. Sugiyanta menyampaikan bahwa nantinya kampung inovasi IPB – Subang akan membutuhkan sekitar 100 ha, dimana pemberdayaan lahan pertanian, akan dilakukan dengan penerapan teknologi modern, sehingga lahirnya kampung inovasi IPB – Subang akan meningkatkan hasil pertanian yang presisi dan pintar dengan korporasi petani.

Lanjut Sugiyanta,  dalam melaksanakan  Inovasi akan menggunakan teknologi canggih drone untuk tabur pupuk dan benih padi di sawah petani, selanjutnya  Inovasi teknologi canggih ini akan digunakan untuk uji coba demonstrasi teknologi mekanisasi pertanian di era revolusi 4.0.

Sedangkan Penggunaan teknologi drone ini mampu mengubah budaya pertanian menjadi pertanian yang lebih modern, maka dengan  inovasi teknologi drone, sebaran petakan lahan dan produktivitas akan merata dan penyemprotan hama juga merata.

Seterusnya site plan kampung inovasi IPB - Subang nantinya juga akan memanfaatkan areal pesawahan sebagai tempat wisata, namun produktivitas tetap berjalan, diantaranya akan dijadikan rekreasi taman ditengah sawah, labirin jerami, wahana permainan jerami, panggung hiburan, café dan resto, dan fasilitas lainnya.

Ketua DPC Himpunan Alumni IPB Kabupaten Subang yang sekaligus sebagai Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi merasa bangga dan mengapresiasi dengan terjalinnya kerjasama antara IPB dengan Pemda Subang dalam pembangunan kampung inovasi IPB-Subang di desa Kiarasari Kecamatan Compreng untuk mengembangkan pertanian Subang di era revolusi 4.0.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x