Karawang Rencanakan Pembangunan Pelabuhan Untuk Mendukung Sektor Perikanan

- 20 September 2021, 16:24 WIB
Pekerja menyelesaikan proyek pembangunan Pelabuhan Patimban, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Rabu 18 November 2020. Pelabuhan Internasional Patimban Subang Jabar Beroperasi Perdana Minggu 20 Desember 2020. Berikut penjelasan Kemenhub.
Pekerja menyelesaikan proyek pembangunan Pelabuhan Patimban, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Rabu 18 November 2020. Pelabuhan Internasional Patimban Subang Jabar Beroperasi Perdana Minggu 20 Desember 2020. Berikut penjelasan Kemenhub. /ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/

 

BERITA SUBANG - Karawang berencana membangun pelabuhan guna mendukung serta meningkatkan sektor perikanan di wilayahnya. Selain itu pembangunan pelabuhan juga akan berdampak meningkatnya kesejahteraan para nelayan lokal.

Kebutuhan Karawang akan pelabuhan disampaikan langsung oleh Dinas Perikanan Kabupaten Karawang.

"Salah satu upaya yang harus dilakukan untuk mengembangkan sektor perikanan tangkap ialah dengan membangun pelabuhan perikanan di Karawang," Ungkap Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perikanan Abu Bukhori, seperti dilansir dari Antara, Senin 21 September 2021.

Baca Juga: Menhub RI Respon Permintaan Bupati Subang atas Lahan di Area Back Up Pelabuhan Patimban

Dengan dibangunnya pelabuhan, para Nelayan lokal maupun luar yang melaut menggunakan kapal-kapal besar masih bisa menjual hasil tangkapannya di pelabuhan perikanan karawang.

Saat ini nelayan yang menggunakan kapal-kapal besar dengan ukuran diatas 10 GT lebih sering menjual hasil tangkapannya di daerah lain yang memiliki pelabuhan, seperti Indramayu, dan Subang.

"Selama ini kita hanya mengandalkan TPI (Tempat Pelelangan Ikan). Jadi nelayan yang menggunakan kapal besar tidak bisa bersandar, sehingga mereka tidak menjual ikannya di TPI Karawang," ujar Abu Bukhori.

Baca Juga: Sekda Subang Terima Keluhan Peran Koperasi TKBM Tidak Optimal di Pelabuhan Patimban

Kondisi tersebut tentunya akan merugikan, kurangnya suplai ikan dari nelayan akan berdampak langsung terhadap hasil produksi perikanan di Karawang.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah