7 Bulan Belum Digaji, Ratusan Karyawan Damri di Bandung Dililit Utang

- 16 September 2021, 12:18 WIB
7 Bulan Belum Digaji, Ratusan Karyawan Damri di Bandung Dililit Utang
7 Bulan Belum Digaji, Ratusan Karyawan Damri di Bandung Dililit Utang /Instagram/@damriindonesia

BERITA SUBANG -Ratusan karyawan dari staf hingga pengemudi di perusahaan bus Damri Cabang Bandung, Jawa Barat belum menerima upah penuh selama tujuh bulan.

"Itu bermula dari pandemi Covid-19 karena untuk mengurangi atau mencegah penularan kan gitu sehingga ada beberapa kebijakan mengurangi mobilitas orang juga baik angkutan umum maupun angkutan pribadi di antaranya dengan PSBB kemudian PPKM Darurat," kata General Manager Damri Cabang Bandung, Ahmad Daroini, Kamis 16 September 2021.

Ahmad menjelaskan, persoalan pembayaran upah para karyawan bermula pada bulan Desember 2020. Ketika itu, pemerintah pusat menerapkan sejumlah aturan untuk membatasi mobilitas masyarakat dengan melarang tahun baru dan cuti bersama.

Baca Juga: Tim SAR Evakuasi Pilot HA Mirza dan Black Box ke Timika Pasca Jatuhnya Pesawat Rimbun Air

Kebijakan tersebut, kata Ahmad, berimbas terhadap jumlah angkutan yang beroperasi. Jika kondisi normal angkutan yang
Selain pembatasan mobilitas dan aktivitas masyarakat, penerapan kebijakan pembelajaran secara daring untuk pelajar sekolah hingga mahasiswa turut berimbas pada menurunnya pendapatan yang diperoleh perusahaan.

Jika dipresentasikan, pendapatan perusahaan menurun hingga 70 persen. "Kalau menurunnya dari normal itu pokoknya menurun 70 persen," jelas dia.

Sebelumnya, seorang pengemudi yakni Ade Abdul Fattah Hidayat mengaku belum menerima upah penuh selama tujuh bulan bekerja. Selama tujuh bulan, mereka menerima upah senilai Rp1 juta. Upah tersebut nilainya tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Akibat tujuh bulan tak menerima upah, Ade mengaku harus meminjam uang ke pinjaman online atau pinjol hingga menjual sepeda motor untuk membayar uang kuliah anaknya.

Baca Juga: Penampakan Rumah Sakit Modular Berkapasitas 200 Tempat Tidur di Merauke, Papua yang Ditinjau Danrem Merauke

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x