Dari Dekat, Inilah Tempat Penyemaian Bibit Kopi Hofland di Subang yang 100 Persen Berdayakan Warga Lokal

- 25 April 2021, 23:37 WIB
Penampakan tempat penyemaian Kopi Hofland
Penampakan tempat penyemaian Kopi Hofland /Dok. kopihofland.com/

BERITA SUBANG - Koperasi Gunung Luhur Berkah, produsen Kopi Hofland asal Subang, terus mengepakkan sayap bisnisnya untuk mempromosikan produknya, baik di dalam negeri maupun mancanegara.

Minggu depan, per tanggal 29 April hingga 1 Mei 2021, produsen kopi GLB akan sibuk mempromosikan produknya pada ajang festival The Indonesian Coffee 2021, yang merupakan festival kopi mancanegara yang diadakan di Festival City Mall, Dubai, Uni Emirat Arab.

Mengutip laman official website Kopi Hofland, bidang bisnis kopi yang saat ini digeluti oleh Koperasi GLB merupakan hasil dari satu sistem mata rantai bisnis yang berkesinambungan, yang dirancang dari sektor hulu hingga sektor hilir bisnis kopi.

"Untuk mendapatkan biji kopi terbaik yang kemudian diolah menjadi produk terbaik, Koperasi Gunung Luhur Berkah memiliki sistem pembenihan dan pembibitan yang terintegrasi dengan sangat baik," demikian tulis Kopi Hofland pada laman official websitenya. 

"Selain itu secara dari sisi ketenagakerjaan, tak lupa juga memberdayakan warga setempat menjadi pekerja di tempat pembenihan dan pembibitan kopi milik Koperasi GLB tersebut."

Dwi Mustika, owner Kopi Hofland, dikutip dalam sebuah artikel di website tersebut mengatakan dirinya beserta pihak Koperasi Gunung Luhur Berkah berkomitmen sejak awal bahwa pemberdayaan masyarakat sekitar adalah prioritas utama dalam setiap sektor bisnis yang saat ini dijalani.

"Ya kita (produk kopi hofland dan koperasi GLB) dari awal memang berkomitmen untuk menyerap tenaga kerja dan memberdayakan warga lokal, sehingga keberadaan kami bisa dirasakan mafaatnya oleh mereka yang belum atau tidak memiliki pekerjaan” demikian ungkap Dwi.

Kopi Hofland kini memberdayakan sekitar 30 orang warga Desa Cupungara di Kecamatan Cisalak untuk bekerja di lahan pembenihan dan pembibitan milik koperasi tersebut.

Ai Kartini (37), seorang pekerja yang telah bekerja di pembibitan tanaman Kopi Hofland ini bertahan selama tiga tahun.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x