Rabu, 21 April 2021 Lalu, Aliansi Buruh Subang Bersatu Demo di Kantor Disnakertrans Subang, Apa Tuntutannya?

- 25 April 2021, 22:23 WIB
Masa aksi buruh di Subang bersiap melakukan demo di depan kantor Disnakertrans Subang Rabu, 21 Maret 2021.
Masa aksi buruh di Subang bersiap melakukan demo di depan kantor Disnakertrans Subang Rabu, 21 Maret 2021. /Dok. Aliansi Buruh Subang Bersatu/

BERITA SUBANG -Di bulan Ramadhan, pada hari Rabu, 21 April 2021 lalu, Aliansi Buruh Subang Bersatu (ABSB) melakukan aksi damai di depan kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Subang. Apa tuntutannya?

Berikut liputan khusus BeritaSubang.Com terkait aksi damai ABSB di depan kantor Disnakertrans Subang.

Demo diketahui dilakukan pada sekitar pukul 10.00 WIB dimana massa aksi tiba di depan kantor Disnakertrans sekitar pukul 11.00 WIB. Mereka tidak langsung melakukan aksi karena menunggu adzan Dzuhur untuk melakukan shalat berjamaah.

Tuntutan para buruh tersebut adalah menuntut kenaikan upah dan para orator langsung melangsungkan aksinya, yang disampaikan oleh Ayub dari Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), yang menyampaikan ketidak-puasan para buruh terhadap upah mereka, yang dianggap terlalu rendah.

Banyak buruh bekerja tidak dibayar?

Ada juga perwakilan buruh lainnya Hesti Setyorini yang melakukan orasi yang sama dengan mengatakan banyak buruh yang bekerja namun sering sekali tidak dibayar di Kabupaten Subang. 

Ia menganggap banyak perusahaan masih belum menjalankan aturan. "Maka dari itu, kami menuntut keadilan terhadap pemerintah agar Omnibuslaw dicabut karena merugikan kaum buruh," ucapnya.

Selanjutnya, sekitar pukul 02:00 WIB, akhirnya ada audiensi dengan Kadisnakertrans Kabupaten Subang, Anggota DPRD Subang, perwakilan dari Apindo, perwakilan Bagian Hukum Pemda Subang, Perwakilan Dinas Pengawasan Provinsi Jabar, Kasie HI Disnakertrans Subang, Staf Perlin Disnakertrans Subang, dan perwakilan BPJS Ketenagakerjaan Subang.

Di pihak buruh, hadir perwakilan Serikat Buruh, Ketua FSPMI Subang, perwakilan KASBI (Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia Subang), SBSI dan Ketua Serikat Pekerja Nasional) SPN Subang.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x