Pelatih Timnas U-17 Bima Sakti Sebut Tanding Lawan Korsel Lebih untuk Menguji Pertahanan

- 31 Agustus 2023, 23:58 WIB
Pelatih tim U-17 Indonesia, Bima Sakti
Pelatih tim U-17 Indonesia, Bima Sakti /Foto: pssi.org/

BERITA SUBANG - Pelatih timnas Indonesia U-17 Bima Sakti menyebut pertandingan ujicoba melawan Korea Selatan (Korsel) yang dimainkan pada Rabu malam, memang lebih difokuskan untuk menguji pertahanan tim asuhannya.

Pada pertandingan yang dimainkan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, itu, timnas Indonesia memang dipaksa lebih banyak bertahan oleh tamunya. Korsel pun kemudian keluar sebagai pemenang dengan skor 1-0 berkat gol Baek Ga-on pada menit ke-66.

"Kita memang fokus ke pertahanan, kita sempat dua minggu seperti pernah saya sampaikan kemarin kita dua minggu di Solo, kemudian seminggu kemarin di Jakarta. pertahanan terus latihan, kemudian dua minggu kita latihan serangan," kata Bima pada konferensi pers seusai pertandingan.

Adapun untuk sektor serangan, Bima mengingatkan bahwa dibutuhkan kecocokan di antara para pemain. Keberadaan Arkhan Kaka yang dimasukkan sebagai pemain pengganti pada babak kedua, juga belum banyak membantu karena sang pemain belum lama bergabung di timnas U-17.

"Apalagi Kaka juga baru bergabung tadi malam dan dari mulai di Solo sampai tadi malam dia gak pernah ikut latihan sama kita, tapi karena kita tadi butuh tenaga dia, kita pasang dia," ujar mantan pemain PSSI Primavera itu.

Bima mengakui pemainnya beberapa kali melakukan kesalahan yang tidak perlu, dan berpotensi merugikan timnya. Untuk itu, ia dengan bantuan Frank Wormuth dan tim kepelatihan akan terus memperbaiki kesalahan-kesalahan itu, saat timnas U-17 melakukan pemusatan latihan di Jerman September mendatang.

"Memang tadi saya mengingatkan ke pemain, memang kita tadi juga ada disampaikan oleh Pak Erick (Thohir) juga, kita banyak kesalahan-kesalahan yang tidak perlu dan kesalahan-kesalahan individu, dan itu yang menjadi pembelajaran buat kita ke depannya," ucap Bima.

Tim besutan Bima memang masih akan menjalani sejumlah pertandingan ujicoba di Jerman sebelum menghadapi ajang besar Piala Dunia U-17. Meski demikian, Bima meyakini bahwa pemain-pemain yang dimainkan pada pertandingan ujicoba melawan Korsel dapat disebut sebagai kerangka tim untuk turnamen akbar yang akan berlangsung November mendatang.
"Untuk pemain-pemain yang main tadi, di babak pertama maupun kedua, ya itulah menjadi tulang punggung di tim kita. Kerangka tim kita," katanya.


Tanggapan Erick Thohir

 Ketua Umum PSSI Erick Thohir menilai permainan tim nasional Indonesia U-17 memperlihatkan perbaikan signifikan, setelah hanya kalah 0-1 dari Korea Selatan pada pertandingan uji coba yang berlangsung pada Rabu malam.

Pada pertandingan yang dimainkan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, itu, Garuda Muda kemasukan gol semata wayang oleh Baek Ga-on pada menit ke-66.

Timnas sebenarnya beberapa kali memberikan ancaman serius ke kubu Korsel, namun tembakan-tembakan dan penyelesaian dari anak-anak asuh pelatih Bima Sakti belum bisa menembus jala gawang lawan.

"Saya rasa ada perbaikan yang sangat signifikan di mana kita lihat pola permainannya kalau waktu di Bali kan belum terpola, kalau sekarang sudah mulai terpola bagaimana di belakang kita rapat, kalau ke tengah ke atasnya memang itu yang harus diperbaiki karena sebenarnya beberapa kali serangan balik menjadi momentum," kata Erick saat ditemui setelah pertandingan usai.

"Tadi saya bicara dengan coach Bima, harus mulai terus jaga dan para pemain tadi saya bilang ini hal yang positif. Kalau kita lihat banyak kesalahannya oleh diri kita sendiri, bukan karena lawan bermain sangat bagus, tetapi kita sendiri yang banyak membuat di lapangan tengah beberapa kali tadi, 3 lawan 1 di depan juga itu sayang momentumnya," tambah sosok yang juga merupakan Menteri BUMN itu.

Setelah pertandingan berakhir, Erick menemui kubu Korsel. Ia mengatakan bahwa dirinya menyampaikan rasa terima kasih karena Korsel mau bermain melawan Indonesia, yang membutuhkan lawan tanding mumpuni menjelang Piala Dunia U-17 November mendatang.

Editor: Tommy MI Pardede

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x