Kominfo Telah Menyiapkan Rute Jaringan Baru dan Cadangan untuk Antisipasi Gangguan Jaringan Saat PON XX 2021

- 24 September 2021, 16:22 WIB
Menkominfo Johnny G. Plate alam Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Papua pada hari Kamis, 23 September 2021.
Menkominfo Johnny G. Plate alam Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Papua pada hari Kamis, 23 September 2021. /Dok. Kominfo/

BERITA SUBANG - Kementerian Komunikasi dan Informatika melakukan kerja sama dengan mitra penyelenggara layanan telekomunikasi dan berkomitmen dalam menyediakan layanan yang berkualitas dan memadai selama pelaksanaan PON XX 2021 yang diadakan di Papua.

Mengenai hal ini, Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate, menyatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan rute jaringan baru dan cadangan dalam rangka mengantisipasi gangguan jaringan telekomunikasi di wilayah Papua dan Papua Barat untuk memastikan PON XX 2021 berjalan dengan lancar.

Menkominfo menyampaikan salah satu persiapan ini adalah dengan membangun rute baru fiber optik kabel laut yang berada di kedalaman 4.000 meter di sebelah utara Kota Jayapura, Papua.

Kominfo juga melakukan koordinasi secara intensif dengan operator seluler untuk menjaga jaringan telekomunikasi yang berkualitas selama berlangsungnya PON XX 2021 ini.

Kementerian Kominfo juga telah menyiapkan rencana cadangan apabila terjadi gangguan dengan jalur cadangan yang mencakup wilayah Jayapura - Madang - Port Moresby - Guam - Manado sebagai alternatif pertama, dan wilayah Jayapura - Madang - Port Moresby - Sydney - Batam sebagai alternatif kedua.

Rencana cadangan ini dilakukan dalam mengantisipasi gangguan telekomunikasi yang terjadi secara alami seperti aktivitas vulkanis di bawah laut maupun ulah manusia seperti perbuatan vandalism berupa perusakan atau pembakaran tower yang merusak infrastruktur.

Menkominfo menyampaikan kesiapan layanan telekomunikasi ini akan dibuktikan dalam perjalanan PON dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI tahun 2021 di Provinsi Papua.

Menteri Johnny juga menegaskan pentingnya kehadiran Tim Kominfo dalam melakukan cek dan ricek untuk memastikan kesiapan PON XX 2021 secara menyeluruh, khususnya dalam bidang layanan telekomunikasi.

Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Papua yang digelar di Sasana Krida Kantor Gubernur Papua, Jayapura, pada hari Kamis, 23 September 2021.
Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Papua yang digelar di Sasana Krida Kantor Gubernur Papua, Jayapura, pada hari Kamis, 23 September 2021.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari

Sumber: Kominfo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x