Markas Napoli Ganti Nama Jadi Stadion Diego Armando Maradona

- 5 Desember 2020, 10:53 WIB
Stadion Dan Paolo kini berganti nama jadi Stadion Diego Armando Maradona
Stadion Dan Paolo kini berganti nama jadi Stadion Diego Armando Maradona /Akun Twitter FIFA

BERITA  - Pemerintah Kota Naples resmi mengganti nama stadion markas Napoli menjadi Stadion Diego Armando Maradona. Legenda sepakbola Argentina dianggap pahlawan oleh masyarakat Napoli karena pernah membuat klub tersebut disegani dan mencapai level yang tak terbayangkan. Walikota Napoli, Luigi De Magistris, mengatakan Napoli tidak akan dikenal dunia jika tidak memiliki Maradona.

"Tidak ada yang tidak mengenal nama Maradona di Napoli. Puluhan tahun silam, Maradona memimpin Napoli meraih dua gelar Serie A di tahun 1987 dan 1990," ujar De Magistris dilansir Goal.com, Jumat, 4 Desember 2020.

Tiga dekade lalu Napoli bersama Maradona mampu menyaingi raksasa seperti Juventus, AC Milan dan Inter Milan. Inilah yang membuat masyarakat setempat bangga.

"Dia (Maradona) mengenakan kostum Napoli selama tujuh tahun, memberikan dua gelar liga yang bersejarah dan beberapa trofi prestisius lainnya," demikian pernyataan resmi dewan kota Naples.

"Dan sebagai gantinya, dia menerima cinta abadi tanpa syarat dari seluruh kota ini," jelas pernyataan tersebut. 

Maradona memiliki hubungan erat dengan masyarakat kelas pekerja seperti mayoritas penduduk Napoli. Legenda berjuluk "Si Tangan Tuhan" ini dibesarkan dalam kondisi sulit dan miskin di Buenos Aires.

"Maradona selalu memihak mereka yang lemah dan orang-orang biasa, Maradona melawan prasangka dan diskriminasi yang masih dialami Neapolitans di dalam stadion, dia jadi idola seisi kota."

Perubahan nama stadion ini tinggal menunggu diresmikan oleh Gubernur Provinsi Naples sebagai syarat formalitas. Mayoritas penduduk setempat juga menyetujui perubahan nama tersebut.

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah