Kapolri Pimpin Pelantikan Kapolda Aceh dan Kenaikan Pangkat 4 Pati Polri

- 30 September 2023, 23:34 WIB

BERITA SUBANG - Mabes Polri menggelar upacara pelaksanaan kenaikan pangkat dan serah terima jabatan (Sertijab) sejumlah perwira tinggi (Pati) di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta, pada hari Jumat (29/9/2023) kemarin.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan mengatakan bahwa pelaksanaan upacara tersebut dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

"Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin langsung upacara kenaikan pangkat pati Polri serta serah terima jabatan Kapolda Aceh," ujar Ramadhan dalam keterangannya, Sabtu (30/9/2023).

Adapun salah satu Pati Polri yang mengikuti upacara kenaikan pangkat yakni eks Kapolda Sumatera Utara, Panca Putra, yang kini resmi menyandang pangkat Komjen Pol untuk mengemban jabatan Sestama Lemhannas.

Berikut daftar pati Polri yang mengikuti upacara kenaikan pangkat:
1. Komjen Pol Panca Putra
2. Irjen Pol Benone Jesaja Louhenapessy
3. Irjen Pol Adi Cahyo Hurip Mulyono
4. Brigjen Pol Erwin Faisal

Selain upacara kenaikan pangkat, Kapolri juga memimpin upacara Sertijab Kapolda Aceh melantik Irjen Pol Achmad Kartiko menggantikan Irjen Pol Ahmad Haydar yang akan memasuki masa pensiun.

Diberitakan sebelumnya, Mabes Polri melakukan penyegaran jabatan sejumlah perwira tinggi (Pati) dan perwira menengah (Pamen) dengan melakukan mutasi, salah satunya mengisi kekosongan jabatan Pati Polri yang pensiun.

Salah satu Pati Polri yang akan memasuki masa purna tugasnya yakni Kapolda Aceh Irjen Pol Ahmad Haydar yang termuat di salah satu dari dua surat telegram (ST)/21/63/IX/KEP./2023 dan S/2164/IX/KEP./2023.

Total terdapat 60 personil yang dimutasi dalam dua surat telegram tersebut, diantaranya yaitu jabatan Kapolda Aceh akan diemban oleh Irjen Pol Achmad Kartiko.

Selain jabatan Kapolda Aceh yang dilakukan penyegaran Pati yang pensiun, jabatan Wakapolda Aceh juga akan diemban oleh Kombes Pol Armia Fahmi menggantikan Brigjen Pol Syamsul Bahri.

Tak hanya itu, jabatan Wakapolda Nusa Tenggara Timur (NTT) juga akan beralih diemban oleh Brigjen Pol Awi Setiyono yang sebelumnya menjabat Wakil Gubernur Akpol menggantikan Brigjen Heri Sulistianto yang akan memasuki masa pensiun.

“Ini merupakan penyegaran dan tour of duty,” ujar Asisten Kapolri Bidang SDM, Irjen Pol Dedi Prasetyo dalam keterangannya, Selasa (26/9/2023).

Dedi juga tak lupa mengucapkan terima kasih atas pengabdian kepada Irjen Pol Ahmad Haydar, Brigjen Pol Syamsul Bahri dan juga Brigjen Pol Heri Sulistianto.

"Terima kasih atas pengabdiannya kepada negara dan institusi Polri. Selamat memasuki purna tugas,” tandasnya.

Editor: Edward Panggabean


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x