Dari Jakarta ke Bandung Hanya 45 Menit, Naik Kereta Cepat Jakarta Bandung 'Whoosh'

- 30 September 2023, 23:12 WIB
Kereta Whoosh
Kereta Whoosh /

BERITA SUBANG - Kereta api Cepat Jakarta Bandung atau KCJB merupakan kereta cepat (high speed railway) hasil kolaborasi Indonesia dan China di bawah perusahaan PT. Keteta Cepat Indonesia China. Kereta ini menghubungkan Jakarta ke Bandung dengan hanya memerlukan waktu 45 menit saja.
 
Antara berkesempatan menjajal kereta yang diberi nama "Whoosh" ini untuk perjalanan menuju Stasiun Tegalluar, Bandung, Jawa Barat. "Whoosh" adalah singkatan dari Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Handal.
 
Keberangkatan dimulai dari Stasiun KCIC Halim, dengan jam keberangkatan pukul 10:30 WIB. Suasana di sekitar stasiun KCIC Halim masih banyak pembangunan di sana-sini, namun fasilitas di dalam Stasiun sudah cukup memadai untuk mengakomodir para penumpang yang masih melakukan uji coba hingga akhir September ini.

Dikabarkan tiket uji coba kereta cepat pertama di Indonesia dan di Asia Tenggara ini sudah penuh sampai dibukanya untuk umum pada Oktober nanti.
 
Para petugas juga dengan sigap dan ramah mengarahkan penumpang yang sudah dipanggil untuk memasuki peron kereta cepat, 10 menit jelang keberangkatan kereta.
 
Kereta cepat dengan teknologi seluruhnya buatan China ini dengan gagah menunggu penumpang untuk melakukan keberangkatan menuju Tegalluar Bandung. Para penumpang pun tak ketinggalan untuk berfoto dulu bersama kereta peluru ini untuk mengabadikan momen di ponselnya.
 
Kereta cepat Jakarta-Bandung memiliki 8 gerbong yang terdiri dari tiga kelas yaitu first class di gerbong 1 dan 8, bisnis di gerbong 7 dan sisanya adalah kelas ekonomi premium.
 
Untuk First Class memiliki 18 tempat duduk berwarna abu-abu dengan susunan kursi 2-1. Business Class memiliki 28 tempat duduk berwarna merah dengan susunan kursi 2-2, sementara kelas ekonomi premium ada 55 seat dengan susunan 3-2. Semua kursi di setiap kelas bisa diputar berhadapan.
 
 
Tepat 10.30 kereta berangkat dengan kecepatan pertama 20 sampai 40 km per jam. Kereta yang diklaim sangat nyaman dan tidak bising ini sangat sesuai dengan keadaan yang sebenarnya, kereta berjalan sangat mulus dan nyaris tidak terdengar suara gesekan roda kereta dengan rel yang biasa kita dengar saat naik kereta api biasa.
 
Ruang kakinya pun cukup luas baik di kelas bisnis yang ANTARA tempati maupun kelas ekonomi, dengan tersedia pijakan kaki.
Sementara itu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan “soft launching” atau peresmian kereta cepat Jakarta-Bandung pada 1 Oktober 2023.

“Kereta api cepat, Presiden mungkin akan lakukan sotf launching 1 Oktober,” kata Luhut setelah rapat terbatas Integrasi Moda Transportasi Publik di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu.

Setelah “soft launching”, kata Luhut, kereta cepat Jakarta-Bandung yang bernama “Whoosh” itu dapat digunakan oleh publik.
 

Harga tiket kereta cepat, Luhut mengatakan kemungkinan akan juga diumumkan pada 1 Oktober 2023.

Menurut Luhut, Presiden Jokowi akan memberikan diskon harga tiket kereta cepat dalam periode tertentu agar dapat digunakan masyarakat luas.

"Tadi baru dibicarakan akan memberikan diskon berapa lama dulu nanti bertahap. Jadi basically, Presiden itu ingin supaya semua kita bisa menikmati dengan harga yang bagus tapi ini juga jalan," kata Luhut.Presiden Jokowi pada 13 September 2023  melakukan uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung. Presiden melakukan uji coba kereta cepat dengan titik awal perjalanan dari Stasiun Halim, Jakarta, yang berakhir di Stasiun Padalarang, Jawa Barat. Hanya butuh waktu 28 menit untuk tiba di stasiun Padalarang dari Halim.

Kemudian, Presiden Jokowi melanjutkan perjalanan menuju Stasiun Bandung di Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, dengan menggunakan kereta api pengumpan atau feeder.

Operator kereta cepat PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) juga telah membuka partisipasi masyarakat untuk mengikuti uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung. Uji coba kereta cepat tahap dua bagi masyarakat akan dilakukan pada 25-30 September 2023.

Dalam uji coba terbatas, KCIC melayani empat jadwal perjalanan pulang pergi (PP) Jakarta-Bandung, sehingga total terdapat 8 perjalanan yang beroperasi setiap hari.

Kereta cepat Jakarta-Bandung dapat melaju hingga 350 kilometer per jam sehingga waktu tempuh Jakarta-Bandung dapat dipangkas menjadi hanya sekitar 45 menit.

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x