Erick Thohir Ungkapkan PSSI Dapat Dana Rp250 Miliar dari Sponsor Baru

- 30 September 2023, 21:50 WIB
Erick Thohir bersama Wika Salim
Erick Thohir bersama Wika Salim /Tangkap layar /Instagram @wikasalim

BERITA SUBANG - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) mendapatkan dana sekitar Rp250 miliar dari sponsor-sponsor baru yang nantinya akan mendukung tim nasional Indonesia dan berbagai produk PSSI.

Kepastian ini didapat setelah induk sepak bola Indonesia itu menggelar acara signing ceremony bersama para sponsor baru yang dikontrak rata-rata satu tahun tersebut pada hari kedua PSSI Partner Summit di Jakarta, Rabu.

“Ini pertama kali ya, kita PSSI benar-benar serius. Tadi mendapatkan pendanaan tidak hanya dari pihak swasta, tentu dari pemerintah juga," ujar Erick seraya mencontohkan saat studi banding ke Jepang didapat informasi bahwa anggaran Japan Football Association hampir mencapai Rp2,7 triliun.

"Jadi kalau dibandingkan mereka dengan kita, kita hanya sepersepuluhnya,” kata Erick Thohir.

Erick menegaskan penandatanganan para sponsor baru ini adalah sebuah bentuk komitmennya untuk menjadikan sepak bola Indonesia profesional, transparan, dan bersih dari kekerasan ataupun pengaturan skor.

“Hari ini dengan adanya transformasi sepak bola dan dengan keterbukaan dari PSSI, sponsor mulai percaya. Karena kembali, sponsor itu ketika men-sponsori semua produk, kita harus bertanggung jawab dengan produk itu. Saya rasa sponsor tidak ingin brand-nya diasosiasikan dengan kekerasan," kata pria yang juga menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu.

“Tidak mungkin juga merknya ingin diasosiasikan dengan pengaturan pemain. Kalau kita mau menjadikan industri olahraga yang besar seperti negara lain, ya ini menjadi bagian (yang harus dibenahi). Dan saya yakin hari ini Liga 1 mulai bersih karena saya belum mendengar apa-apa," tambahnya.

Erick berharap kucuran dana melimpah dari para sponsor baru ini akan membuat sepak bola Indonesia maju seperti halnya negara-negara lainnya. Dalam hal ini ia berkaca kepada industri sepak bola di Amerika Serikat yang sedang naik daun setelah liga sepak bolanya (Major League Soccer) kedatangan mantan-mantan bintang Barcelona seperti Lionel Messi, Sergio Busquet, dan Jordi Alba yang memperkuat klub Inter Miami.

“Ya penduduk Indonesia juga cinta bola sampai 69 persen. Sayang, kalau tadi Major League Soccer (MLS) aja bisa sebesar itu, masa kita nggak bisa lebih banyak? Nah tapi orang akan berinvestasi di sepak bola Indonesia kalau kita transparan,” ucap pria 53 tahun itu.

Erick pun cukup optimistis industri sepak bola Tanah Air menuju arah lebih baik karena sejak era kepemimpinannya telah menunjukkan tanda-tanda positif untuk terbang lebih tinggi.

“Kita lihat aja dari tanggal 21 sampai 26 September, pembicaraan di sosial media itu sampai 1,1 miliar pembicaraan. Lalu kita lihat TV rating kita yang selalu di atas 20. Bahkan kemarin waktu SEA Games sampai 50 lebih. Lalu kemarin lawan Argentina hampir 40. Jadi dominasi itu ada,” jelasnya.


Partner Summit

Sebelunya PSSI menggelar acara Partner Summit untuk mengenalkan produk-produk PSSI yang berlangsung pada 26-27 September di Jakarta.

Agenda ini merupakan salah satu program kerja PSSI di bawah kepemimpinan Ketua Umum Erick Thohir dengan mengundang potensial sponsor serta agency guna mengenalkan dan mempresentasikan produk-produk PSSI (Tim nasional dan kompetisi).

"Partner Summit ini merupakan salah satu program PSSI untuk melihat, mengenalkan dan mempresentasikan produk-produk PSSI. Saat ini kita terus berupaya untuk memperbaiki sepak bola Indonesia yang profesional dan bersih serta menjadikan industrinya maju," kata Ketua Umum PSSI Erick Thohir dilansir dari keterangan resmi, Selasa.

Pada kesempatan ini, Ketum PSSI melakukan talk show bersama Marc Klok dan Firman Utina. Talkshow ini dimoderatori oleh David Nurbianto.

"Kita juga ingin pengelolaan seluruh aset komersial PSSI secara profesional, transparan dan akuntabel. Komersialisasi aset brand PSSI sebagai salah satu motor penggerak industrialisasi sepak bola Indonesia. Simbol kepercayaan masyarakat, sponsor, partner atas pengelolaan berbagai aspek bisnis sepak bola yang transparan dan berkelanjutan," tambah Erick Thohir. Selain itu, ada talkshow dengan timnas Indonesia, timnas wanita Indonesia, Liga 3, dan Piala Indonesia. Pada kesempatan ini, juga ditampilkan stand up comedy beserta artis pendukung seperti Oky Rengga dan Okky Lukman.

"Menjadikan PSSI sebagai salah satu federasi sepak bola di Asia dengan peningkatan pendapatan komersial terbesar peningkatan nilai komersial (Commercial Value) timnas Indonesia. Pendanaan bagi kegiatan non timnas Indonesia (edukasi pelatihan, perwasitan, kompetisi usia muda level amatir, sepak bola wanita dan program pembinaan lainnya). Penciptaan aset-aset komersial baru yang inovatif dan relevan bagi fans sepak bola Indonesia," ungkap Erick.

PSSI selanjutnya pada Rabu (27/9) akan mengundang existing partner serta sponsor-sponsor baru PSSI di bawah kepengurusan Ketua Umum Erick Thohir untuk signing ceremony dengan sponsor baru Timnas dan PSSI.

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x