10 Hektar Lahan Menghitam Diamuk si Jago Merah di Cianjur

- 30 September 2023, 18:29 WIB
Ilustrasi kebakaran lahan
Ilustrasi kebakaran lahan /Humas polres Bogor /

BERITA SUBANG - Empat kebakaran lahan cukup besar terjadi selama tiga hari terakhir di Cianjur, yakni di Kecamatan Cilaku, Campaka, Karangtengah, dan Kecamatan Mande, petugas kewalahan karena sulitnya mendapatkan sumber air untuk memadamkan api yang sebagian besar membakar padang rumput.

 Akibat kebakaran yang terjadi di empat kecamatan tersebut, menyebabkan 10 hektar lahan menghitam diamuk si jago merah yang berhasil dipadamkan setelah beberapa jam berkecamuk dan tidak sampai menjalar ke perkampungan warga.

"Sedangkan lahan lainnya yang terbakar perkebunan, lahan milik warga, hingga lahan persawahan yang sebagian besar rumputnya mengering akibat kemarau. Faktor utama penyebab kebakaran akibat membakar sampah dan membuang puntung rokok sembarangan," katanya, seperti dilansir ANTARA.

Sedangkan wilayah rawan terjadi kebakaran lahan, terjadi hampir di seluruh wilayah mulai dari utara hingga selatan seperti Kecamatan Sindangbarang, Cibinong, dan Tanggeung," katanya. Selama musim kemarau panjang, pihaknya meminta masyarakat tidak membuat perapian, membakar sampah dan membuang puntung rokok sembarangan yang dapat menimbulkan kebakaran lahan serta saling mengingatkan warga untuk menjaga keamanan dan kenyamanan lingkungan.

"Kami juga menyiagakan mobil pemadam kebakaran di masing-masing markas komando seperti di Kecamatan Cipanas, Cianjur, Ciranjang dan Sukanagara, sebagai upaya cepat penanganan kebakaran lahan di semua wilayah di Cianjur," katanya.

Editor: Edward Panggabean

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x