Ini Spesifikasi Pesawat Super Hercules C-130J produksi Lockheed Martin AS yang Sudah Tiba di Indonesia

- 29 Juni 2023, 04:15 WIB
Pesawat C-130J Super Hercules TNI AU
Pesawat C-130J Super Hercules TNI AU /Dok. kemhan.go.id/

BERITA SUBANG - Indonesia menyambut kedatangan unit kedua pesawat C-130J Super Hercules untuk TNI A untuk memperkuat pertahanan di tanah air.

Diberitakan sebelumnya, pesawat kedua C-130J Super Hercules, yang memiliki tail number A-1340 disambut dengan kegiatan water salute dan pengalungan slempang batik kepada empat kru pesawat C-130J oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Udara (Wakasau) Marsdya TNI A. Gustaf Brugman.

Prosesi penerimaan C-130J Super Hercules berlangsung di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Rabu (28/6). Indonesia memesan lima unit pesawat tipe tersebut.

Rencananya, pesawat produksi Lockheed Martin Amerika Serikat tersebut akan ditempatkan di Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta untuk mendukung tugas TNI AU terkait angkutan udara, baik dalam misi Operasi Militer Perang maupun Opersi Militer Selain Perang.

Dilansir dari Biro Humas Setjen Kemhan, turut hadir dalam penyambutan pesawat ke-2 Super Hercules C-130J, Pangkoopsudnas Marsdya TNI Tony Harjono, Kabaranahan Kemhan Marsda TNI Yusuf Jauhari, Karo Humas Setjen Kemhan Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha, Kapus Alpalhan Baranahan Kemhan Marsma TNI Yusran Lubis, dan Kadispenau Marsma TNI Agung Sasongkojati.

C130J Super Hercules ke-2 yang tiba di Indonesia tersebut rencananya akan diserahkan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dalam hitungan beberapa hari ke depan.

Berikut spec Pesawat Super Hercules C-130J:

- Memiliki panjang 34,69 meter

- tinggi 11,9 meter

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede

Sumber: Biro Humas Setjen Kemhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x