Pembangunan Tol Cisumdawu Mendekati 100 Persen, Ditargetkan Beroperasi Awal Juli 2023

- 23 Juni 2023, 17:50 WIB
Menko Airlangga Hartanto mengunjungi Tol Cisumdawu yang siap beroperasi Juli ini.
Menko Airlangga Hartanto mengunjungi Tol Cisumdawu yang siap beroperasi Juli ini. /Antara/

BERITA SUBANG - Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meninjau proses pembangunan Tol Cisumdawu yang sudah mendekati 100 persen dan ditargetkan untuk beroperasi pada awal Juli 2023 mendatang.

Keduanya mengunjungi pembangunan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) di Jawa Barat (Jabar), Jumat, 23 Juni 2023.

Jalan tol tersebut juga akan menjadi penghubung menuju Bandara Kertajati yang merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang telah selesai dibangun.

"Kami melihat Tol Cisumdawu dengan Pak Gubernur Ridwan Kamil dan Pak Bupati Dony Ahmad Munir. Jalan tolnya mulus sampai Sumedang dengan aman dan nyaman," kata Airlangga, di Sumedang, Jumat.

Tol tersebut rencananya akan terbentang sepanjang 61,75 km serta akan menghubungkan Cileunyi menuju Dawuan yang akan menjadi akses utama menuju Bandara Kertajati di Majalengka.

Sementara itu, Gubernur Ridwan Kamil mengatakan Tol Cisumdawu akan turut berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi Jabar ke depannya.

Dia berharap kehadiran Tol Cisumdawu dapat mewujudkan pertumbuhan ekonomi Jabar di atas 6 persen untuk tahun ini.

“Mudah-mudahan semua PSN di Jawa Barat lancar. Karena setiap kenaikan Jawa Barat sama dengan kenaikan Indonesia,” ujar Ridwan Kamil.

Selain Tol Cisumdawu, PSN Jabar lainnya adalah Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB), pembangunan Bandar Udara Kertajati, pembangunan tujuh bendungan, pengembangan Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) di Cirebon, dan pembangunan Pelabuhan Patimban.

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x