Mengenang Azyumardi Azra, Akademisi, Cendikiawan, Ulama, Penulis Buku dan Jurnalis Senior, Wafat Hari Ini

- 18 September 2022, 19:02 WIB
Indonesia berkabung, Prof. Dr. H. Azyumardi Azra, M.Phil., M.A., cendikiawan muslim, penulis, akademisi, jurnalis senior wafat hari ini, 18 September 2022
Indonesia berkabung, Prof. Dr. H. Azyumardi Azra, M.Phil., M.A., cendikiawan muslim, penulis, akademisi, jurnalis senior wafat hari ini, 18 September 2022 /Dok. muhammadiyah.or.id/

BERITA SUBANG - Prof. Dr. H. Azyumardi Azra, M.Phil., M.A., CBE. merupakan cendikiawan muslim ternama di Indonesia, yang pemikiran maupun hasil karyanya dihormati tidak hanya di dalam negeri, tapi juga di berbagai forum internasional.

Ia meninggal dunia hari ini, Minggu, 18 September 2022 di usia 67 tahun. Tak hanya insan pers yang berkabung atas kepergiannya, Azyumardi akan dikenang oleh masyarakat di Indonesia sebagai cendikiawan, akademisi, ulama, penulis buku dan sejarawan berpengaruh.

Mungkin sudah menjadi garis tangannya, Azyumardi, yang pernah menjadi jurnalis di majalah legendaris Panji Masyarakat (1979-1985), mengakhiri karirnya sebagai orang nomor satu di lembaga independen yang dibentuk untuk melindungi kemerdekaan pers dan meningkatkan kualitas kehidupan pers berdasarkan UU Nomor 40 Tahun 1999.

Azyumardi menjabat Ketua Dewan Pers sejak 19 Mei 2022 lalu, menggantikan Mohammad Nuh.

Rektor UIN Syarih Hidayatullah periode 1998-2006, yang lahir di Lubung Alung, Padang Pariaman, Sumatera Barat pada 4 Maret 1955 tersebut, dikenal luas sebagai cendikiawan Muslim yang disegani dan berfikiran moderat.

Di 2020, ketika terjadi gesekan yang mengancam kebebasan hak beragama warga Syiah dan Ahmadiyah di Indonesia, ia bersuara lantang. Secara khusus, ia meminta Menteri Agama Yaqut Cholil Quomas agar pemerintah mengafirmasi urusan minoritas.

"Terutama bagi mereka yang memang sudah tersisih dan kemudian terjadi persekusi, itu perlu afirmasi," kata Azyumardi kala itu.

Azyumardi sangat kritis terhadap toleransi beragama, tak hanya di Indonesia, tapi juga di dunia. Ia kerap mencontohkan pemeluk agama minoritas seringkali kesulitan mendirikan tempat ibadah di berbagai belahan dunia.

Baca Juga: Cendikiawan Muslim Azyumardi Azra Wafat, Kena Serangan Jantung di Pesawat

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x