Kompolnas: Autopsi Ulang Brigadir J Segera Dijadwalkan, Libatkan Tim Forensik Independen

- 21 Juli 2022, 07:55 WIB
Dokumentasi foto Ketua Harian Kompolnas, Benny Jozua Mamoto
Dokumentasi foto Ketua Harian Kompolnas, Benny Jozua Mamoto /Dok PMJ News/Kompolnas/

BERITA SUBANG - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mengatakan autopsi ulang Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J akan akan segera dijadwalkan.

"Tindak lanjutnya adalah karena tadi dari pihak pengacara minta untuk ada ekshumasi gali kubur dan autopsi ulang maka akan segera dijadwalkan, ekshumasi akan segera dilaksanakan," kata Ketua Harian Kompolnas Benny Mamoto seusai mengikuti gelar perkara kepada wartawan, Rabu, 20 Juli 2022, seperti dikutip PMJ News.

Autopsi ulang, kata Beny, akan melibatkan tim forensik independen dan langkah ini dilakukan sebagai upaya mewujudkan transparansi kepada keluarga ataupun publik.

"Jadi nanti tim akan melibatkan forensik independen, tidak hanya dari Pusdokkes Polri tapi juga dari independen. Inilah bentuk transparansi yang dilakukan," kata Benny, seperti dilansir dari PMJ News.

Diberitakan sebelumnya, pihak keluarga Brigadir J, melalui penasihat hukumnya sibuk menyatakan menolak hasil autopsi yang dilakukan RS Polri.

Keluarga Brigadir J meminta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo membentuk tim independen untuk mengautopsi ulang jenazah.

"Kami memohon kepada Bapak Kapolri untuk membentuk tim yang membentuk independen yang melibatkan dokter-dokter yang lain, dokter dari RSPAD, yang kedua RS Angkatan Laut, ketiga RSCM, terus dari rumah sakit swasta," jelas pengacara Kamarudin Simanjuntak.

Apa saja kegelisahan keluarga?

Para petinggi di Mabes Polri tengah dibikin pusing akibat goncangan kasus yang menghentak petingginya.

Kadiv Propam Ferdy Sambo, Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Budhi Herdi Susianto dan Karo Paminal Divpropam Polri Brigjen Hendra Kurniawan, untuk memuluskan jalan penyidikan terhadap kasus tersebut.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x