Kominfo akan Menyediakan 200 Akses Internet di Pos Layanan TNI Wilayah 3T Mulai Tahun 2022 Mendatang

- 28 Desember 2021, 19:20 WIB
Menkominfo Johnny G Plate bersama dengan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa usai pertemuan yang dilaksanakan di ruang rapat menteri kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, pada hari Selasa, 28 Desember 2021.
Menkominfo Johnny G Plate bersama dengan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa usai pertemuan yang dilaksanakan di ruang rapat menteri kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, pada hari Selasa, 28 Desember 2021. /Dok. Kominfo/

BERITA SUBANG - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate menerima kunjungan dari Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa pada hari Selasa, 28 Desember 2021, di Ruang Rapat Menteri Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat.

Pertemuan tersebut digelar untuk membahas penyediaan titik akses internet di pos pelayanan TNI di wilayah terluar, tertinggal, dan terdepan (3T) guna mengatasi tantangan komunikasi dalam menjaga keamanan dan pertahanan negara.

"Konkretnya Kominfo akan memberikan dukungan terhadap 200 titik pos layanan TNI di wilayah terluar melalui akses internet yang langsung dihubungkan ke satelit, dan ini akan dilaksanakan di tahun 2022," ujar Menkominfo.

Menurutnya, saat ini Kementerian Kominfo memiliki kapasitas yang cukup dalam mendukung layanan TNI di wilayah 3T dan infrastruktur yang paling layak dan cepat untuk ini berbentuk VSAT yang dihubungkan langsung dengan satelit.

"Kalau yang berkaitan dengan secure communication itu betul-betul domain militer. Namun, (dukungan Kominfo) berkaitan dengan komunikasi nonmiliter untuk memberikan layanan pertahanan negara di wilayah 3T," tuturnya.

Selain pembahasan penyediaan titik akses internet, pertemuan tersebut juga dilaksanakan untuk memperkuat koordinasi serta kerja sama lintas kementerian dan lembaga untuk efektifitas penyelenggaraan pemerintahan Kabinet Indonesia Maju.

"Tadi Pak Panglima menyampaikan apa saja kebutuhan telekomunikasi untuk TNI dan Kominfo juga saya menyampaikan dan menjelaskan kegiatan yang sedang kami tangani, didalamnya termasuk memberikan dukungan telekomunikasi bagi wilayah terluar," jelas Menkominfo.

Kementerian Kominfo akan menyediakan 200 akses internet di pos layanan TNI di wilayah 3T dalam mengatasi tantangan komunikasi guna menjaga keamanan dan pertahanan negara.
Kementerian Kominfo akan menyediakan 200 akses internet di pos layanan TNI di wilayah 3T dalam mengatasi tantangan komunikasi guna menjaga keamanan dan pertahanan negara.

Pada kesempatan tersebut, Jenderal Andika Perkasa menyatakan dirinya langsung melakukan orientasi sejak ditunjuk sebagai Panglima TNI oleh Presiden Jokowi dan menurutnya saat ini masih banyak titik operasi dari TNI yang belum terjangkau oleh akses komunikasi.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean

Sumber: Kominfo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x