Sebanyak 4 Mobil INCAR dari Polda Jatim Diturunkan dalam Operasi Lilin Jaya 2021 di Jakarta

- 24 Desember 2021, 16:16 WIB
Dirlantas Polda Jatim membantu mengamankan Jakarta dalam Operasi Lilin Jaya 2021.
Dirlantas Polda Jatim membantu mengamankan Jakarta dalam Operasi Lilin Jaya 2021. /Dok. humas.polri.go.id/

BERITA SUBANG - Menjelang hari raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru) pihak Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jatim menerjunkan sebanyak 4 unit mobil Integrated Node Capture Attitude Record (INCAR) untuk membantu mengamankan wilayah Jakarta dalam Operasi Lilin Jaya 2021.

Keempat unit mobil INCAR ini akan ditempatkan oleh pihak Polda Jatim di ruas tol perbatasan pintu masuk wilayah DKI Jakarta. Hal ini disampaikan pada saat apel gelar pasukan Operasi Lilin Jaya 2021.

Operasi Lilin Jaya 2021 dilaksanakan sebagai upaya dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama periode hari raya Nataru dan apel gelar yang bertempat di Lapangan Presisi Polda Metro Jaya ini dipimpin langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Mobil INCAR ini dilengkapi dengan kamera pengintai guna merekam perilaku pengendara yang mungkin melakukan pelanggaran lalu lintas dan akan disiagakan selama Operasi Lilin Jaya 2021 dalam rangka membantu meningkatkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran (kamseltibcar) serta menekan pelanggaran berlalu lintas (lalin) di wilayah DKI Jakarta.

Sebanyak 4 unit mobil INCAR diterjunkan oleh Polda Jatim dalam Operasi Lilin Jaya 2021.
Sebanyak 4 unit mobil INCAR diterjunkan oleh Polda Jatim dalam Operasi Lilin Jaya 2021.

Adapun keempat unit mobil INCAR tersebut akan disiagakan di ruas tol perbatasan diantaranya di ruas tol Cipularang dan ruas tol Jagorawi untuk perbatasan Cikampek-Metro-Jabar, di ruas tol Merak untuk perbatasan Metro-Banten, dan ruas tol Cikampek untuk perbatasan Jabar-Jateng.

Unit mobil INCAR ini sendiri merupakan sarana dalam meningkatkan implementasi penindakan lalu lintas yang berbasis elektronik sebagai pelengkap dari sistem penindakan model E-TLE.

Namun, berbeda dengan E-TLE yang bersifat statis, mobil INCAR bersifat dinamis dan apabila terjadi pelanggaran lalu lintas, akan langsung terkoneksi dengan data regident (data SIM, STNK, dan BPKB) serta data aplikasi kependudukan.

***

Editor: Edward Panggabean

Sumber: Humas Polri


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x