TKN PSL Gelar Workshop Sebagai Bentuk Sinergi Konsisten Antara Pendekatan Agama dan Kesadaran Lingkungan

- 22 November 2021, 13:25 WIB
Serial Workshop 1 Gerakan Sedekah Sampah Indonesia (GRADASI) dengan tajuk "Potenis Sampah sebagai Penggeral Ekonomi dan Pemberdayaan Umat" yang diselenggarakan di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, pada hari Minggu, 21 November 2021.
Serial Workshop 1 Gerakan Sedekah Sampah Indonesia (GRADASI) dengan tajuk "Potenis Sampah sebagai Penggeral Ekonomi dan Pemberdayaan Umat" yang diselenggarakan di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, pada hari Minggu, 21 November 2021. /Dok. TKN PSL/

BERITA SUBANG - Sekretariat Tim Koordinasi Nasional Penanganan Indonesia atau TKN PSL menyelenggarakan acara Serial Workshop 1 Gerakan Sedekah Sampah Indonesia (GRADASI) bertajuk "Potensi Sampah sebagai Penggerak Ekonomi dan Pemberdayaan Umat” sebagai perwujudan sinergi antara pendekatan agama dan kesadaran lingkungan.

Adapun Serial Workshop ini  melibatkan pengurus Masji Penggerak GRADASI dan digelar pada hari Minggu, 21 November 2021, bertempat di Masjid Baitul Makmur, Perumahan Telaga Sakinah, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Acara workshop ini merupakan kegiatan lanjutan dari peluncuran Gerakan Sedekah Sampah Indonesia pada bulan April lalu dan ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan pengurus masjid GRADASI untuk membangun hubungan kemitraan bersama dengan para pemangku kepentingan.

"Penyelesaian sampah tidak dapat dilakukan oleh salah satu pihak saja, melainkan dibutuhkan kolaborasi antar-stakeholder," papar Director of Sustainable Development of Danone Indonesia, Karyanto Wibowo dalam sesi pemaparan materi 'Pentingnya Kemitraan dalam Membangun Kesadaran Masyarakat Untuk Mengelola Sampah'.

Tidak hanya itu, acara Serial Workshop 1 ini juga adalah pengembangan dan penyebarluasan Gerakan Sedekah Sampah Indonesia yang sudah ada 6 Masjid Penggerak lainnya.

"Gerakan sedekah sampah merupakan penerapan dari fatwa MUI no. 47/2014, sehingga pengelolaan sampah ini menjadi bagian dari ibadah dalam meningkatkan iman dan takwa seorang muslim serta mencerminkan Islam yang rahmatan lil ‘alamin, Islam yang memberikan rahmat bagi seluruh alam," ujar Direktur LPLH MUI dalam sambutannya pada acara tersebut.

Kegiatan Sedekah Sampah yang dilaksanakan di Masjid Baitu Ma'muur, Perumahan Telaha Sakinah, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.
Kegiatan Sedekah Sampah yang dilaksanakan di Masjid Baitu Ma'muur, Perumahan Telaha Sakinah, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Kegiatan ini disambut baik oleh Direktur Pengelolaan Sampah KLHK Novrizal Tahal yang memiliki harapan agar masyarakat lebih sadar memilah sampah. "Saya berharap masjid dapat menjadi pusat perubahan perilaku. Memilah sampah dari rumah harus menjadi sebuah kesadaran, dimana kemudian gerakan sedekah sampah dapat berjalan," ujarnya.

Sementara perwakilan Natural Resource and Climate Governance Adviser UNDP Indonesia, Abdul Wahib Situmorang, menyatakan bahwa Indonesia berhasil mengubah citra yang dari 'bank sampah' menjadi 'sedekah sampah'.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x