Bareskrim Mengusut Peretas Asal Brasil Bernama 'Son1x' yang Mengklaim Telah Membobol Data Polri

- 19 November 2021, 13:39 WIB
Bareskrim usut peretas Brasil 'Son1x' yang mengklaim dirinya telah membobol data Polri.
Bareskrim usut peretas Brasil 'Son1x' yang mengklaim dirinya telah membobol data Polri. /Dok. humas.polri.go.id/

BERITA SUBANG - Seorang peretas yang mengaku berasal dari Brasil dan menamakan dirinya 'Son1x' mengklaim bahwa dirinya telah membobol data Polri dan menyatakan dirinya memiliki data pribadi serta rahasia para anggota Polri beserta dengan orang-orang terdekatnya.

Ia menyampaikan hal ini dalam cuitan berbahasa Inggris melalui akun Twitter @son1x666 pada hari Kamis, 18 November 2021. "Kebocoran ini berisi informasi pribadi dan kredensial pekerja Polri dan orang-orang yang terlibat dengannya," tulisnya.

Son1x lebih lanjut mempersilakan stiap orang untuk mengakses data pribadi anggota Polri yang telah ia bobol tersebut dan menekankan untuk setiap orang agar jangan ragu untuk menggunakan data yang ia peroleh.

Ia menjelaskan alasan mengapa dirinya melakukan hal tersebut dan memaparkan bahwa dirinya tidak mendukung pemerintah Indonesia.

"Saya melakukan ini karena saya tidak mendukung pemerintah dan bagaimana mereka memperlakukan rakyatnya sendiri," cuit Son1x di akun Twitter miliknya.

"Banyak orang Indonesia telah menghubungi saya berbicara tentang situasi kehidupan mereka di Indonesia. Jadi saya mengidentifikasi diri saya dengan mereka, dan memutuskan untuk membantu dengan apa pun yang saya bisa, jadi inilah alasan saya melakukan kebocoran ini," lanjutnya.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo menanggapi hal in menyampaikan bahwa Direktorat Tindak Pidana Siber atau Dittipidsiber sedang mengusut kasus ini dan akan memberikan informasi lebih lanjut.

"Ya, sedang ditangani oleh Dittipidsiber Bareskrim. Nanti kalau sudah ada update nya diinfokan," jelasnya saat memberi keterangan.

***

Editor: Edward Panggabean

Sumber: Humas Polri


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x