Menteri Johnny Menyampaikan Pihak Kominfo Memfasilitasi Sinergitas Ekosistem untuk Mendukung Startup Digital

- 17 November 2021, 17:26 WIB
Menkominfo Johnny G Plate dalam Demo Day HUB.ID 2021 yang bertempat di Hotel Mulia, jakarta Selatan, pada hari Rabu, 17 November 2021.
Menkominfo Johnny G Plate dalam Demo Day HUB.ID 2021 yang bertempat di Hotel Mulia, jakarta Selatan, pada hari Rabu, 17 November 2021. /Dok. Kominfo/

BERITA SUBANG - Ekosistem startup digital merupakan salah satu kunci percepatan transformasi digital di dalam negeri dan terkait hal ini, Menkominfo Johnny G Plate menyampaikan dukungan dari Kementerian Kominfo dalam memfasilitasi sinergitas ekosistem digital dalam rangka mendukung ekonomi digital di seluruh pelosok wilayah Indonesia.

Menkominfo menyampaikan hal ini dala acara Demo Day HUB.ID 2021 yang diselenggarakan di Hotel Mulia, Jakarta Selatan, pada hari Rabu, 17 November 2021.

"Sinergitas dan kolaborasi menjadi prinsip penting dalam transformasi digital sehingga dapat menempatkan Indonesia sebagai changer di pasar ekonomi dunia dan mendorong penguasaan teknologi mutakhir untuk seluruh putra-putri anak bangsa Indonesia," ujar Menteri Johnny.

Lewat program HUB.ID inilah Kementerian Kominfo melakukan upaya dalam memfasilitasi para pelaku startup digital dengan kolaborasi bersama dengan invovator dan investor untuk mendorong percepatan digital melalui akses network yang lebih luas.

Menteri Johnny memaparkan bahwa HUB.ID sendiri dirancang sebagai program business matchmaking yang mempertemukan para pelaku startup digital dengan pihak yang memiliki kebutuhan inovasi dan strategi bisnis yang sama.

Tidak hanya itu, hadirnya HUB.ID juga akan membuka ruang bagi startup untuk memperoleh akses pendanaan kerja sama bisnis dan juga kemitraan yang berlangsung dalam tahapan proses speed mentoringbusiness matchmakingnetworking, dan demo day (sesi presentasi).

"Untuk melengkapi usaha dalam penguatan bisnis startup tersebut, pada hari ini diundang investor-investor dari dalam dan luar negeri untuk mengenali inovasi serta model bisnis dari startup yang terpilih, serta memberikan kesempatan untuk berinvestasi," jelas Menkominfo.

Hal-hal ini dilakukan menurut Menkominfo agar para pelaku startup digital siap menghadapi dunianya yang bisa dibilang dinamis, serta agar bisa mendapatkan peluang akses investasi serta bersinergi bersama berbagai stakeholders seperti korporasi, swasta, BUMN, hingga pemerintah.

"Dengan semangat dari network startup HUB.ID, kami, saya pribadi, berharap makin banyak mitra dan investor yang bergabung di dalam pelaksanaan kegiatan ini, makin banyak startup Indonesia yang tumbuh, akseleratif, resilient, demi mewujudkan Indonesia yang terkoneksi, semakin digital semakin maju," ucap Menteri Johnny G Plate.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean

Sumber: Kominfo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x