Indonesia dan Malaysia Memperkuat Kerja Sama dalam Bidang Media dengan Penandatanganan MoU Antara dan Bernama

- 12 November 2021, 16:44 WIB
Acara penandatanganan MoU LKBN Antara dan Bernama sebagai lambang penguatan kerja sama Indonesia dan Malaysia dalam bidang media.
Acara penandatanganan MoU LKBN Antara dan Bernama sebagai lambang penguatan kerja sama Indonesia dan Malaysia dalam bidang media. /Dok. Kominfo/

BERITA SUBANG - Indonesia dan Malaysia kian memperkuat kerja sama antarnegara terutama dalam bidang media ditandai dengan penandatanganan MoU Lembaga Kantor Berita Nasional Antara (LKBN Antara) dengan Kantor Berita Bernama.

Acara penandatanganan MoU ini dilaksanakan pada hari Rabu, 10 November 2021, bertempat di The Ritz Carlton Kuningan, Jakarta, dan dihadiri langsung oleh Menkominfo Johnny G Plate serta Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Ismail Sabri Yakoob.

Dalam kesempatan ini, Menkominfo menyampaikan pentingnya penerapan adopsi teknologi digital dalam penyebarluasan informasi di era disrupsi teknologi saat ini sebagai wujud nyata transformasi digital, baik di tingkat masyarakat maupun pemerintah.

Aspek kultur yang sama antara Indonesia dan Malaysia menurut Menkominfo menjadi dasar pengembangan dan pertukaran program antar kedua negara yang dapat membuat hubungan makin erat dengan penerapan adopsi teknologi digital.

"Saya tentu sangat mendukung kerjasama regional antara LKBN Antara dengan Bernama, karena ini banyak program-program yang bisa kita angkat, khususnya yang terkait dengan kehidupan masyarakat. Saya juga menyampaikan dan mengingatkan agar baik LKBN Antara maupun Bernama, perlu juga segera mengadopsi teknologi digital sebagai medium transmisi informasi," ujar Menteri Johnny.

"Saat ini kita perlu membangun konvergensi dan playing field yang berimbang antara media-media konvensional dengan media-media baru, itu tidak ada pilihan yang lain selain adopsi teknologi," lanjutnya.

Menkominfo juga menegaskan bahwa Pemerintah Inonesia akan terus mendorong industri media untuk melakukan pengembangan dalam bidang TIK, baik LKBN Antara maupun Bernama, agar masyarakat kedua juga mengambil peran dalam kerja sama dalam bidang media yang berlangsung.

Peran media menurut Menkominfo akan membangun peran masyarakat pula ketika masyarakat mendapatkan serta memahami informasi yang diperoleh secara cepat, tepat, dan akurat.

"ita harus melakukan akselerasi transformasi digital, baik di Indonesia maupun kawasan. Di kawasan ASEAN telah memiliki roadmap digital ASEAN, ini yang harus kita terjemahkan di dalam program-program konkret di member country-nya, di negara-negara anggota ASEAN, termasuk Indonesia dan Malaysia," kata Menteri Johnny.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean

Sumber: Kominfo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x