Menkominfo Dorong Humas untuk Ciptakan Konten Kreatif Berbasis Digital dalam Anugerah Media Humas 2021

- 5 November 2021, 15:43 WIB
Dalam Anugerah Media Humas 2021 Menkominfo mendorong humas untuk ciptakan konten kreatif berbasis digital.
Dalam Anugerah Media Humas 2021 Menkominfo mendorong humas untuk ciptakan konten kreatif berbasis digital. /Dok. Kominfo/

BERITA SUBANG - Acara Malam Anugerah Media Humas 2021 atau AMH 2021 telah diselenggarakan pada hari Kamis, 4 November 2021, di Nusa Dua, Badung, Bali.

Dalam kesempatan ini, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate menyampaika pentingnya peran media kehumasan dalam menciptakan konten-konten kreatif agar dapat menjangkau seluruh elemen masyarakat, baik dari Generaasi Baby Boomers, Generasi Milenial, Gen Z, hingga post Gen Z.

"Kita tidak bisa lagi hanya membuat rubrik di media cetak konvensional, namun juga menciptakan konten kreatif berbasis digital seperti video, infografis, podcast hingga virtual reality di kanal komunikasi publik baik media mainstream, media sosial, hingga media online," ujar Menkominfo.

Menurutnya, inovasi dalam pelaksanaan komunikasi publik dann kehumasan pemerintah merupakan keharusan agar konten-konten yang dirilis dapat menjangkau cakupan masyarakat yang lebih luas dengan demografi yang lebih beragam.

Mengutip data yang diberikan oleh Menkominfo, sejak pandemi Covid 19, sebanyak 50 persen generasi milenial dan Gen Z menghabiskan waktu lebih banyak di platform YouTube, 47 persen di Facebook, dan 34 persen di Instagram, dengan tren in diperkirakan akan terus meningkat bahkan setelah pandemi mereda.

Ini menjadikan semakin beragamnya kelompok sasaran yang berpartisipasi di dalam ruang digital sekaligus semakin besar pula ruang berkreativitas bagi humas dalam berkarya.

Menkominfo memiliki harapan dengan adanya AMH 2021 ini dapat menjadi wadah untuk berkompetisi secara positif di antara insan humas sekaligus mengucapkan selamat bagi para pemenang pada Anugerah Media Humas 2021.

Menteri Johnny G Plate juga menyatakan bahwa komunikasi publik juga kehumasan pemerintah merupakan instrumen-instrumen yang vital dalam mendiseminasi informasi kebijakan serta program-program pemerintah secara cepat dan efektif, khususnya saat ini dalam menangani pandemi Covid 19.

"Jika kita menilik perjalanan penanganan pandemi Covid-19 di negeri kita, maka dapat dikatakan bahwa kinerja Humas adalah kinerja yang dituntut untuk terus adaptif dan responsif terhadap perkembangan yang ada," paparnya.

Halaman:

Editor: Padli

Sumber: Kominfo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x