Sebanyak 9.370 Personil Gabungan Diterjunkan dalam Mengamankan Pergelaran PON XX 2021 yang Diadakan di Papua

- 2 Oktober 2021, 13:25 WIB
Asisten Ops Kapolri Irjen Pol Imam Sugianto saat memberikan keterangan kepada media.
Asisten Ops Kapolri Irjen Pol Imam Sugianto saat memberikan keterangan kepada media. /Dok. tvradio.polri.go.id/

BERITA SUBANG - Pekan Olahraga Nasional XX 2021 (PON XX 2021) yang digelar di Papua akan dibuka dalam Opening Ceremony yang dilaksanakan hari ini, 2 Oktober 2021, pukul 19 WIT atau pukul 17.00 WIB.

Opening Ceremony ini akan berlangsung di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, dan akan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Asisten Ops Kapolri Irjen Pol Imam Sugianto menyampaikan bahwa ribuan personil dari TNI dan Polri diterjunkan untuk pengamanan penyelenggaraan PON XX 2021 Papua ini termasuk dari kemungkinan serangan KKB atau kelompok kriminal bersenjata.

"Kami menggelar operasi Deraku Cartenz untuk pengamanan penyelenggaraan PON XX Papua dengan melibatkan 9.370 personil untuk mengamankan 4 klaster penyelenggaraan PON, baik di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika dan Timika serta Kabupaten Merauke," ujar Irjen Pol Imam Sugianto pada siaran Polri TV.

Tidak hanya mengamankan venue dan penyelenggaraan PON XX 2021 Papua, personil gabungan TNI dan Polri juga melakukan pengamanan yang ketat terhadap para atlet dan kontingen dari 33 provinsi dalam pergelaran ini.

Irjen Pol Imam Sugianto menyampaikan bahwa sebanyak 9.370 personil gabungan TNI dan Polri diturunkan untuk pengamanan PON XX 2021 Papua.
Irjen Pol Imam Sugianto menyampaikan bahwa sebanyak 9.370 personil gabungan TNI dan Polri diturunkan untuk pengamanan PON XX 2021 Papua.

"Untuk kontingen dari 33 provinsi kami juga menyertakan aparat TNI-Polri dipimpin Kombes dari Polda masing-masing untuk mengamankan personal kontingen atau pengamanan melekat pada atlet," katanya.

Ia menyampaikan bahwa terdapat sekitar 600 orang dalam pengamanan personal kontingen dan atlet yang menjadikan total personil khusus gabungan untuk pengamanan PON XX 2021 Papua menjadi sebanyak hampir 10 ribu.

Asisten Ops Kapolri juga meneknkan bahwa dalam penyelenggaraan PON XX 2021 Papua ini hanya masyarakat yang memiliki undangan khusus saja yang dapat hadir.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x