Profil dan Biodata Zulkifli Hasan, Politisi Ulung 'Jagoan' Calon Menteri Jokowi

- 29 September 2021, 14:48 WIB
Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan.
Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan. /Dok Istimewa

BERITA SUBANG - Zulkifli Hasan atau yang biasa dipanggil Zulhas lahir di Lampung Selatan, pada tanggal 17 Mei 1962 dari pasangan Hasan dan Siti Zaenab.

Tidak banyak politikus seperti Zulkifli Hasan yang seakan-akan tak memiliki lawan politik. Keluwesannya dalam bersikap dan menanggapi satu persoalannya secara bijak membuat Zulkifli kini menjadi Ketua Umum Partai Amanat Nasional.

Zulkifli dilantik sebagai Ketua MPR Periode 2014-2019 pada usia 52 tahun. Tak lama setelah itu, dalam Kongres PAN, Zulkifli kemudian terpilih pula menjadi Ketua Umum yang baru, mengalahkan petahana Hatta Rajasa.

Baca Juga: Akomodasi PAN, Jokowi Dikabarkan Umumkan Reshuffle Kabinet Hari Ini

Zulhas menikah dengan Soraya dengan dikaruniai 4 orang anak.

Masa kecilnya dari SD hingga SMP dihabiskan di Lampung. Sedangkan SMA-nya di Jakarta. Setelah lulus SMA, ia melanjutkan kuliah di Universitas Krisnadwipayana di Jakarta. Lulus kuliah, ia mulai bekerja membangun perusahaan. Hasilnya, dalam waktu tiga tahun sudah mendirikan perusahaan dan menjadi presiden direktur dari berbagai perusahaan.

Setelah cukup secara ekonomi, dia mulai mencoba dunia politik. Ia memilih bergabung ke Partai Amanat Nasional (PAN) karena memiliki ikatan emosional sebagai anggota ormas Muhammadiyah. PAN sendiri banyak dihuni oleh tokoh-tokoh dari Muhammadiyah, seperti Prof. Dr. Amien Rais, pendiri PAN yang juga mantan ketua umum Muhammadiyah.

Bahkan dalam perjalanan politiknya, tidak hanya ikatan politik yang mengikatnya, melainkan ikatan keluarga juga dia lakukan. Tanggal 8 Oktober 2011 Putra Amien Rais, Ahmad Mumtaz Rais, menikah dengan Futri Zulya Safitri, putri Zulkifli Hasan.

Baca Juga: Ini Sejumlah Nama yang Dijagokan Masuk Reshuffle Kabinet

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x