Wakil Presiden Ma'ruf Amin Meyampaikan Keterbukaan Infomasi Publik Merupakan Cerminan Pemerintahan yang Bersih

- 28 September 2021, 15:14 WIB
Wapres Ma'ruf Amin menyatakan bahwa keterbukaan informasi publik merupakan cerminan pemerintahan yang bersih.
Wapres Ma'ruf Amin menyatakan bahwa keterbukaan informasi publik merupakan cerminan pemerintahan yang bersih. /Dok. instagram @kyai_marufamin/

BERITA SUBANG - Wakil Presiden Indonesia, K.H. Ma'ruf Amin menyampaikan bahwa keterbukaan informasi publik adalah salah satu cerminan pemerintahan yang baik dan bersih, serta harus hadir di seluruh badan publik pemerintah.

Wapres K.H. Ma'ruf Amin menyampaikan hal ini dalam acara Apresiasi Implementasi Keterbukaan Informasi Publik kepada 10 Desa Terbaik Se-Indonesia yang diadakan pada hari Selasa, 28 September 2021.

Ia menyampaikan bahwa komitmen keterbukaan informasi publik harus terus dilakukan sebagai bagian dari akuntabilitas kelembagaan seluruh badan publik dari pemerintahan kepada masyarakat.

Bukan hanya itu, keterbukaan informasi publik ini harus dibarengin dengan akurasi informasi, khususnya untuk mendukung terlaksananya program-program penanganan Covid-19 yang termasuk penerapan protokol kesehatan (prokes), vaksinasi, serta 3T (testingtracing, dan treatment).

Ini harus dilakukan dengan harapan seluruh masyarakat akan dapat kembali beraktivitas dengan normal secara aman, sehat, dan produktif.

Ditekankan juga bahwa transformasi digital dan digitalisasi informasi menjadi salah satu apabila bukan kunci yang paling penting dalam mendukung keterbukaan informasi publik guna upaya optimalisasi informasi publik, khususnya di masa pandemi Covid-19 saat ini.

Wapres K.H. Ma'ruf Amin menyampaikan bahwa seluruh badan publik harus siap bertransformasi, melakukan pembenahan, serta berinovasi agar dapat menyajikan informasi secara cepat, tepat, aman, mudah, murah, serta akurat dalam rangka mendukung kualitas pelayanan publik.

***

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x