Ditemukan Serpihan Diduga Kuat Milik KRI Nanggala-204, Kasal: Bukti Otentik Kapal Tenggelam

- 25 April 2021, 02:04 WIB
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, bersama Kasal  Laksamana TNI Yudo Margono saat konferensi pers di Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Sabtu, (24/4/2021).
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, bersama Kasal Laksamana TNI Yudo Margono saat konferensi pers di Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Sabtu, (24/4/2021). /Doc. Puspen TNI/

BERITA SUBANG - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan tim SAR pencari kapal selam KRI Nanggala-402 menemukan serpihan diduga kuat milik kapal yang hilang kontak di perairan selat Bali pada Rabu, 21 April 2021 lalu.

"Dalam proses pencarian KRI Nanggala-402 telah menemukan barang-barang yaitu pelurus tabung torpedo, pembungkus pipa pendingin, dan di botol oranye pelumas periskop kapal selam," kata Yudo dalam keterangan persnya di Bali, Sabtu, 24 April 2021.

Baca Juga: Panglima TNI Hadi Tjahjanto Sebut Ketersediaan Oksigen Awak Kapal Selam Nanggala Habis Sabtu Dini Hari

Dikatakan dia, dengan ditemukannya barang tersebut maka status kapal selam buatan Jerman ini statusnya menjadi fase tenggelam atau sub sunk. Mengingat ditemukan juga peralatan awak kapal tersebut.

"Ditemukan juga alat yang dipakai ABK Nanggala untuk sholat dan spon untuk menahan panas pada fressroom," ucapnya.

Baca Juga: Prabowo Subianto Sampaikan Terimakasih Bantuan Asing yang Terlibat Pencarian Kapal Selam KRI Nanggala-402

Dia juga mengatakan barang-barang tersebut tidak akan terapung keatas jika tidak ada tekanan atau keretakan pada kapal tersebut, mengingat ditemukan juga tumpahan minyak solar yang terlihat dari patroli udara disekitar radius 10 mil.

"Kita tetap siapkan evakuasi, demikian juga tim gabungan SAR masih terus berjuang," ungkap Yudo.

Baca Juga: Kemenhan Ungkap Kronologis Hilangnya Kapal Selam KRI Nanggala-402 dengan 53 Awak Kapal

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x