Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo Apresiasi Prestasi dan Dedikasi Dua Pecalang Bali

- 8 Februari 2021, 07:56 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo Apresiasi Prestasi dan Dedikasi Dua Pecalang Bali
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo Apresiasi Prestasi dan Dedikasi Dua Pecalang Bali /Foto: Divhumas Polri/

BERITA SUBANG - Pecalang Bali yang bernama Putu Soma Antar dan I Nyoman Sukanada diganjar penghargaan dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Mereka diganjar penghargaan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo atas prestasi dan dedikasi hidup mereka sehingga memberikan manfaat banyak kepada masyarakat Bali.

Pecalang sebenarnya adalah istilah yang disematkan kepada warga yang berperan aktif dan bertanggung-jawab dalam keamanan, ketertiban dan kenyamanan saat warga desa melaksanakan aktivitas keagamaan. Pecalang berasal dari kata dasar celang dalam Bahasa Bali yang artinya awas atau waspada.

Pecalang di Bali dalam kesehariannya sangat membantu tugas-tugas Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat atau lebih dikenal Bhabinkamtibmas Polri.

“Polri dan masyarakat harus bersatu ditengah pandemi ini sesuai seperti apa yang sudah saya tuangkan dalam 16 program prioritas, pada poin kelima, yaitu pemantapan kinerja peliharaan Kamtibmas,” ucap Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Bali, Sabtu 6 Februari 2021.

Pecalang Putu Soma diberi penghargaan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo karena telam aktif membantu kegiatan personel Bhabinkamtibmas.

Sementara Pecalang I Nyoman Sukanda diberikan reward oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo lantaran turut aktif mengumpulkan buku-buku bekas sehingga bersinergi dalam program baca keliling atau Caling untuk dijadikan perpustakaan keliling di sekolah-sekolah yang ada di desa/kelurahan.

Penghargaan juga disampaikan oleh Kapori Jendral Listyo Sigit Prabowo kepada dua orang anak buahnya yang memiliki prestasi dalam menjalankan tugasnya di wilayah hukum Polda Bali, yakni Aiptu I Nyoman Ardana dan Aipda I Nengah Suardika. Keduanya diberi kesempatan untuk mengikuti pendidikan sekolah perwira.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan bahwa siapapun dan dimanapun anggota Polri yang memiliki inisiatif atas tanggung jawab  kinerja yang baik dan ikhlas, dipastikan laporannya akan sampai ke meja kerja Kapolri di Mabes Polri Jakarta.

Tercatat, Aiptu I Nyoman Ardana berprestasi atas inisiatifnya sebagai Bhabinkamtibmas Kelurahan Ubung, Denpasar, telah membuat program Baca Keliling atau Caling ke sekolah-sekolah yang ada di lingkungan binaannya.

Sementara Aipda I Nengah Suardika yang merupakan anggota Unit Reskrim Polsek Blahbatuh mendapat penghargaan dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo atas aktivitasnya membuat laporan terbanyak dengan 106.115 berkas laporan program Bersatu Lawan Covid-19 atau BLC.

“Mudah-mudahan ini bisa memicu atau memotivasi personel Polri yang lain dalam melaksanakan tugas sebagai pemelihara Kamtibmas, penegak hukum, pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat,” harap Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. ***

Editor: Muhamad Al Azhari


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x