Bos Banser Sebut Jadikan Agama Inspirasi Bukan Aspirasi, Menag Bakal Buat Terobosan

- 23 Desember 2020, 16:13 WIB
Ulil Abshar Abdalla (kanan) menyambut baik langkah Jokowi yang mengangkat Gus Yaqut (kiri) menjadi Menteri Agama.
Ulil Abshar Abdalla (kanan) menyambut baik langkah Jokowi yang mengangkat Gus Yaqut (kiri) menjadi Menteri Agama. /Kolase Foto/ANTARA/Anom Prihantoro/Instagram.com/@gusyaqut

BERITA SUBANG-Menteri Agama Yaqut Cholil yakini akan membuat terobosan baru dilingkungan intansi yang dipimlinnya saat ini, dari masa menteri sebelumnya. Namun dia enggan menyebutkan terobosan baru yang dimaksud. Yaqut sendiri mengantikan Fachrul Razi.

"Kita lihat nanti pasti akan ada terobosan terobosan dari Kemenag yang akan berbeda dari masa-masa sebelumnya," ujar dia usai dilantik, di Istana Kepresidenan, seperti dikutip dari Antara, Jakarta, Rabu, 23 Desember 2020.

Ketua GP Ansor itu pun menegaskan bahwa agama harus dijadikan sebagai inspirasi bukan aspirasi, karena itu dia akan melakukan sebuah perubahan, dengan mem-breakdown dari keruskan yang ada.

Diantaranya, ketika berhubungan antar-umat beragama, hubungan inter-umat beragama, kemudian bisa juga dalam menghadapi pandemik Covid-19.

"Agama sebagai inspirasi bukan aspirasi, nah itu bisa di-'breakdown' ke banyak hal,” ujar dia.

Sebelumnya pentolan banser itu mengaku kaget ketika ditunjuk sebagai Menag karena dalam mimpi terliar-nya sekalipun tak pernah terbayang mengemban amanah sebagai Menag.

Langkah awal begitu menjabat, Yaqut akan lakukan bagaimana menjadikan agama sebagai inspirasi bukan aspirasi.

"Artinya apa, bahwa agama sebisa mungkin tidak lagi digunakan menjadi alat politik baik untuk menentang pemerintah maupun merebut kekuasaan atau mungkin untuk tujuan-tujuan yang lain," tutur-nya.

Menurut dia, agama lebih baik dibiarkan untuk menjadi inspirasi dan biarkan agama ini membawa nilai-nilai kebaikan dan nilai-nilai kedamaian dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.***

Halaman:

Editor: Edward Panggabean

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x