Nyawa Manusia Makin Terancam, Kasus aktif Covid-19 di Indonesia Tembus 100.000

- 23 Desember 2020, 14:46 WIB
 Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 (Satgas Covid-19) Wiku Adisasmito
Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 (Satgas Covid-19) Wiku Adisasmito /Twitter @BNPB_Indonesia

BERITA SUBANG - Kasus aktif Covid-19 di Indonesia telah menembus angka 100.000 dengan bertambahnya kasus aktif sebanyak 6.374 pada Selasa, 22 Desember 2020. Hingga kini, secara keseluruhan kasus aktif di Tanah Air mencapai 105.146.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengungkapkan, bahwa lonjakan kasus aktif tersebut menjadi peringatan khusus. Bahkan, angkanya yang sudah menembus 100.000 kasus dalam kurun waktu November-Desember itu sudah tidak dapat ditoleransi lagi karena ini menunjukkan tren yang memburuk.

Baca Juga: Catat, Polri Telah Bubarkan Empat Juta Kali Kerumunan di Masa Pandemi

"Ini menunjukkan bahwa tren peningkatan kasus aktif cepat terjadi dan tidak dapat ditoleransi. Hal ini tidak sepatutnya hanya dilihat sebagai angka, tetapi merupakan nyawa manusia," kata dia dalam penjelasan virtual Rabu  23 Desember 2020.

Pada saat yang bersamaan, tren kasus positif mingguan tercatat naik 12,1%, sedangkan angka kasus kematian mingguan juga tercatat naik hingga 3,0%.

Wiku menambahkan, penanganan fasilitas kesehatan masih menjadi PR besar untuk saat ini. Terlebih lagi, hal itu menjadi salah satu penyebab tingginya angka kematian pasien Covid-19.

Baca Juga: Konser Virtual Gratis Lalahuta di di Concert & Stage Zone FOX’S Candy Studio

Oleh karena itu, ia mengimbau masyarakat untuk berupaya optimal dan tidak lengah.

"Optimalkan pengendalian Covid-19 melalui testing dan tracing sehingga mereka yang positif dan kontak terdekatnya dapat dideteksi lebih dini untuk dapat meningkatkan peluang kesembuhan," kata dia.***

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x