Tak Hadiri Pelantikan, Tokoh Muhammadiyah Abdul Mu’ti Tolak Jabatan Wamendikbud dari Jokowi

- 23 Desember 2020, 12:28 WIB
Inilah Abdul Mu'ti, yang tolak jabatan Wamendikbud dari Jokowi
Inilah Abdul Mu'ti, yang tolak jabatan Wamendikbud dari Jokowi /@abe_mukti/Instagram

BERITA SUBANG - Diantara hingar-bingar pengumuman menteri baru Kabinet Indonesia Maju Presiden Joko Widodo yang merangkul pihak oposisi, muncul satu cuitan dari tokoh Muhammadiyah yang mengatakan menolak jabatan sebagai Wakil Menteri.

Adalah Abdul Mu'ti, seorang guru besar UIN Syarif Hidayatullah, sekaligus tokoh Muhammadiyah, yang seperti diberitakan media massa namanya tercantum dalam daftar nama yang akan dilantik Wakil menteri.

Diketahui, Presiden Joko Widodo telah menggelar pelantikan Wakil Menteri pada Rabu, 23 Desember 2020, pagi ini.

Baca Juga: Persyaratan Rapid Test Antigen Bikin Penumpang Kereta Api ‘Kabur’

Ternyata ada satu nama tidak hadir, yakni Abdul Mu'ti yang seharusnya dilantik sebagai Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, bersama lima wamen lainnya.

Abdul Mu'ti adalah Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah periode 2015-2020.

Melalui akun pribadinya @Abe_Mukti, ia ternyata menjelaskan "Awalnya, ketika dihubungi oleh Pak Mensesneg dan Mas Mendikbud, saya menyatakan bersedia bergabung jika diberi amanah."

Baca Juga: Mimpi Bertemu Rasullullah Jadi Masalah Hukum, Polda Metro Jaya Jadwalkan Perisa Haikal Hari Ini

Yang ia maksud adalah Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim.

Namun, Pria yang akrab disapa Gus Abe ini mengatakan setelah mengukur kemampuan diri, akhirnya Abdul Mu'ti memutuskan tidak bergabung dalam Kabinet Indonesia Maju.

"Setelah melalui berbagai pertimbangan saya memutuskan untuk tidak bergabung dalam Kabinet Indonesia Maju dalam jabatan wakil menteri. Tetapi, setelah mengukur kemampuan diri, saya berubah pikiran. Semoga ini adalah pilihan terbaik," cuitnya.

Ia menjelaskan dirinya tidak merasa mampu mengemban amanah yang dinilainya berat dan bukan sosok yang tepat untuk posisi wamendikbud. "Saya merasa tidak akan mampu mengemban amanah yang sangat berat itu. Saya bukanlah figur yang tepat untuk amanah tersebut," katanya.

***

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x