Puan Maharani Akui Kinerja DPR Tidak Optimal, Ini Alasannya

- 20 Desember 2020, 13:57 WIB
Ketua DPR Puan Maharani
Ketua DPR Puan Maharani /PIkiran Rakyat

BERITA SUBANG - Ketua DPR Puan Maharani mengakui kinerja DPR tahun ini tidak optimal. Penyebab utamanya adalah pandemi Covid-19 yang hingga kini belum berakhir.

“DPR memahami kondisi tersebut, namun tidak boleh menjadikannya alasan yang bisa menghambat pelaksanaan fungsi legislasi,” kata Puan dalam webinar virtual bertajuk “Refleksi Satu Tahun Pelaksanaan Fungsi DPR” di Jakarta, Sabtu 19 Desember 2020.

Pandemi, kata Puan telah berdampak begitu luas terhadap sendi-sendi kehidupan rakyat dan penyelenggara negara. Rakyat dihadapkan pada situasi yang mengharuskan adanya perubahan tatanan dan kebiasaan serta adaptasi dengan perilaku baru. 

Baca Juga: Jenis Baru Virus Covid-19 Ditemukan, Inggris Berlakukan lockdown dan Larang Kegiatan Natal

Hanya saja, ditengah tantangan yang dihadapi ini, Puan menegaskan, anggota DPR periode 2019-2024 akan terus bekerja keras dalam menjalankan peran dan tanggung jawabnya. Hal ini agar negara bisa membuat rakyatnya sejahtera, maju dan bersatu.

DPR melalui fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan selalu berkomitmen untuk dapat mempercepat kemajuan bangsa.

“Karenanya dalam setiap pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU), DPR membuka ruang bagi rakyat berpartisipasi, memberikan aspirasi, kritik dan masukan agar kualitas produk legislasi memiliki legitimasi yang kuat,” katanya. 

Tahun ini, kata Puan, DPR telah berhasil menyelesaikan RUU Omnibus Law Cipta Kerja menjadi Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020. 

Baca Juga: Lima Fitur Tokopedia yang Diklaim Membantu UMKM Bertahan Ditengah Pandemi

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah