Sandiaga Diunggulkan Gantikan Edhy Prabowo, Eriko Sotarduga Digadang Jadi Mensos

- 18 Desember 2020, 09:22 WIB
Sandiaga Uno
Sandiaga Uno /Sandiaga Uno

BERITA SUBANG- Sandiaga Uno serta beberapa nama lain petinggi Partai Gerindra seperti Fadli Zon, Sugiono dan Ferry Juliantono memenuhi persyaratan untuk menduduki jabatan Menteri Kelautan dan Perikanan.

Akan tetapi, kata Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari, akan sangat menarik jika Sandiaga Uno yang dipilih karena secara pribadi populer dan juga merupakan calon wakil presiden pada Pilpres 2019.

“Jika Sandiaga menjadi menteri, kabinet akan lebih populer, dan lebih dari itu Sandiaga sangat kaya sehingga tidak akan terjerat skandal korupsi untuk sekadar membeli barang mewah,” kata Qodari saat "FPCI Virtual Publik Discusion: Indonesia's Economic and Political Outlook 2021", Kamis 17 Desember 2020.

 Baca Juga: Kai Rooney dikontrak Manchester United

Qodari menjelaskan ada dua kebutuhan yang harus dipenuhi menteri yang duduk di kabinet, yakni pertama kompetensi atau profesionalisme, dan kedua adalah akomodasi politik.

Sementara untuk pengganti Juliari sebagai Mensos, Qodari menyebutkan bahwa Juliari adalah pengurus pusat DPP PDI Perjuangan dan berasal dari Sumatera Utara.

Kabinet juga merepresentasikan etnis di Indonesia sehingga pengganti Juliari kemungkinan juga akan berasal dari Sumut dan memiliki jabatan di kepengurusan pusat parpol, seperti Eriko Sotarduga dan Sukur Nababan.

Namun, ia mengatakan tidak menutup kemungkinan nama lain yang dipilih, seperti Ribka Tjiptaning yang selama ini bertanggung jawab atas masalah kemasyarakatan di PDI Perjuangan.

Bisa juga, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang belakangan ini banyak diperbincangkan menjadi Menteri Sosial dan memang potensial, sebab Megawati sangat memercayai Risma sebagai sosok pekerja keras.

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x