Peringati Hari Antikorupsi Sedunia, KPK Ingatkan Hindari Jual Beli Suara dan Suap di Pilkada

- 9 Desember 2020, 09:00 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri
Ketua KPK Firli Bahuri /Antara Foto

BERITA SUBANG - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengatakan, butuh kesadaran penuh dan tekad kuat seluruh anak bangsa agar korupsi tidak lagi menjadi laten di negeri ini.

“Sudah waktunya kita melihat dan melawan korupsi sebagai musuh bersama, bukan lagi budaya apalagi sesuatu hal yang biasa dilakukan di negara ini. Kita tidak boleh lagi bersikap permisif atas gejala dan fakta korupsi yang terjadi,” kata Firli pada peringatan hari antikorupsi sedunia yang jatuh hari ini Rabu 9 Desember 2020, bertepatan dengan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 yang digelar di 270 daerah.

Firli juga mengingatkan seluruh anak bangsa untuk mencegah terjadinya jual beli suara dan suap menyuap, karena berpotensi menyuburkan budaya korupsi. “Mari cegah sedini mungkin perilaku koruptif di Pilkada 2020.”

Baca Juga: Tujuh Artis Ramaikan Pilkada 2020, Siapa Saja Mereka

Menurut Firli, jauh sebelumnya, KPK telah memberikan warning dalam setiap sosialisasi kepada penyelenggara pemilu kepada KPU dan Bawaslu serta peserta pemilu (partai politik), para calon kepada daerah, dengan mengusung program mewujudkan pilkada yang berintegritas.

Salah satu kaidah yang tidak boleh dilanggar adalah menerima atau memberi suap, di mana penyelenggara pemilu dan penyelenggara negara di pusat maupun daerah sangat rentan terlibat dalam pusaran suap-menyuap.

Data empiris menunjukan tindak pidana yang ditangani KPK terbanyak adalah perkara suap menyuap dimana salah satu jenis kejahatan kemanusiaan (korupsi) tersebut, sering terjadi dan mewarnai perhelatan pilkada.

Dari data Tahun 2018  KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) sebanyak 30 kali dengan 122 tersangka dan 22 kepala daerah, terkait tindak pidana korupsi berupa suap-menyuap.

Baca Juga: Waspadai Banjir, Longsor dan Banjir Bandang di Awal Tahun 2021

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x