Agar Bisa Pahami Pesan Pemerintah, Kang Uu Ingatkan Santri Perlu Melek Teknologi Digital

- 2 Desember 2020, 13:29 WIB
Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum
Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum /Pikiran Rakyat/Antara Foto

BERITA SUBANG - Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum meminta para santri, khususnya santri salafiyah (yang mempelajari kitab kuning), harus mampu menguasai teknologi digital sebagai sarana untuk berdakwah dan memahami program-program pemerintah.

"Sebagai pemerintah, kami merasakan saat program-program berawal secara daring (online), banyak pesantren yang diharapkan mendapatkan program ini malah tidak kebagian, alasannya tidak memahami bagaimana caranya (mengakses program online)," kata Kang Uu di Bandung, Selasa 1 Desember 2020 seperti dilansir Antara.

Selain itu, ia mencontohkan, program beasiswa khusus santri dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) kurang terserap oleh santri-santri salafiyah di Jabar. Alasannya, kata Kang Uu, adalah kurangnya pemahaman santri tentang teknologi digital.

"Bahkan, sekarang ada program beasiswa dari BAZNAS untuk para santri salafiyah, sampai sekarang masih belum banyak peserta, belum antusias. Padahal itu kan sebuah program yang sangat luar biasa untuk para santri salafiyah," kata pejabat yang juga Panglima Santri Jabar ini.

Baca Juga: KPK Panggil Dua Saksi Terkait Dugaan Korupsi Proyek Infrastruktur di Banjar

Kang Uu pun menjelaskan, pemahaman terkait teknologi digital bagi para santri penting dalam hal berdakwah.

Menurut dia, dengan dakwah digital, para santri tak lagi harus mengumpulkan jamaah untuk belajar agama. Dakwah digital juga akan mampu menjangkau lebih banyak jamaah di saat yang bersamaan, terutama di masa pandemi Covid-19.

"Kalau santri sudah memahami tentang digital, mereka dakwah tidak usah mendatangkan jamaah banyak. Dengan dakwah digital, semuanya bisa tersalurkan, bahkan bisa lebih banyak lagi (jamaah yang mengikuti dakwah lewat digital)," katanya.

Baca Juga: Polri Ingatkan Kegiatan Reuni 212 Hari Ini Harus Tertib

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x