Dulu Dianggap Beracun Sekarang Diburu, Ini Manfaat Tanaman Pohon Dolar

- 9 Maret 2022, 06:25 WIB
Zanzibar Gem atau Pohon Dolar*
Zanzibar Gem atau Pohon Dolar* //Better Homes and Gardens/

BERITA SUBANG - Pohon dolar, tanaman hias dengan nama ilmiah Zamioculcas zamiifolia dulu dikabarkan beracun dan bisa menyebabkan kanker darah. Akibatnya, tanaman hias yang berbentuk unik dengan daun yang kaku ini pun sempat tak laku di pasaran, bahkan beberapa pemilik tanaman hias pohon dolar ini terpaksa membuang tanaman mereka karena termakan rumor pohon dolar beracun itu.

Ternyata, dari hasil penelitian University of Birmingham bekerja sama dengan Royal Horticultural Society (RHS) menemukan tanaman pohon dolar ini sangat baik untuk mengurangi polusi udara di rumah maupun di kantor hingga 20 persen.

Selain tanaman pohon dolar, penghalau polusi udara di ruangan juga bunga lili (Spathiphyllum wallisii) dan tanaman hias dracaena (Dracaena fragrans) yang mirip dengan pohon bambu. Ketiga tanaman hias ini pun dapat mempercantik ruangan Anda.

Baca Juga: Ini Rekomendasi dan Tips Pembiakan Tanaman Hias Populer Berbagai Jenis Puring

Dari penelitian tersebut, ketiga tanaman hias ini dapat mengurangi tingkat nitrogen dioksida (N02) hingga 20 persen. Dalam penelitian yang dilakukan oleh University of Birmingham, ketiga tanaman itu ditempatkan di ruangan yang mengandung kadar N02 dan dipantau selama satu jam.

Hasilnya mengungkapkan ketiga tanaman tersebut mampu menghilangkan sekitar setengah N02 di dalam ruangan itu dalam kurun waktu satu jam.

Dr Christian Pfrang yang memimpin penelitian itu mengatakan, tanaman yang mereka pilih semuanya berbeda satu dengan yang lain namuan semuanya menunjukkan kemampuan yang sangat mirip untuk menghilangkan N02 dari atmosfer.

"Ini sangat berbedar dari tanaman yang pernah kami uji sebelumnya, yang sangat tergantung pada faktor lingkungan seperti waktu malam, siang hari atau kadar air tanah. Tanaman yang saat ini diuji terlepas dari kondisi panas atau pun gelap, basah atau pun kering," jelasnya dilansir dari laman dailymail.

Tanaman-tanaman hias yang diteliti itu ditempatkan di ruangan kecil berventilasi buruk. Hasilnya, dapat menghilangkan sekitar 20 persen kadar NO2.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah