Ini 10 tips untuk Melindungi Anak Saat Bermain TikTok

- 16 Februari 2021, 13:01 WIB
Raffi Ahmad di gelaran Tiktok Awards 2020
Raffi Ahmad di gelaran Tiktok Awards 2020 /instagram.com/raffinagita1717

BERITA SUBANG - TikTok telah meluncurkan Toolkit Keamanan Keluarga yang bisa digunakan orang tua untuk memandu anak saat menggunakan platform digital tersebut.

Panduan ini berisi 10 tips yang bisa melindungi anak saat bermain TikTok sekaligus menjadikan mereka lebih bijak berinternet.

Menurut TikTok, toolkit ini ditujukan untuk membuat platform yang aman dan nyaman bagi semua penggunanya. Toolkit ini juga menjadi pelengkap dari sederet fitur keamanan yang telah diluncurkan TikTok.

Berikut 10 tips pengasuhan digital dari Toolkit Keamanan Keluarga untuk orang tua agar bisa melindungi putra-putri remajanya saat bermain TikTok:

Baca Juga: Pelaksanaan Festival Santet di Banyuwangi Masih Tarik Ulur, Ini Saran Disbudpar

  1. Periksa kesiapan teknologi anak

Orang tua harus menentukan kapan anak bisa aktif dalam dunia digital, termasuk memiliki perangkat sendiri dan membuat akun media sosial.

Saat ini, TikTok menerapkan batas usia 14 tahun ke atas. Artinya anak di bawah usia 14 tahun tidak bisa membuat akun TikTok sendiri. 

  1. Sepakat tentang batasan teknologi keluarga

Orang tua harus menetapkan batasan kapan dan di mana anak boleh mengakses perangkat digitalnya.

Selain itu, orang tua juga harus membatasi jenis konten apa saja yang bisa ditonton atau dimainkan oleh anak berusia remaja.

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah