Tema Hari Santri Nasional 2021: Santri Siaga Jiwa dan Raga, Ada Kompetisi dan Sayembara Seru Ini, Yuk Cek

- 15 Oktober 2021, 07:23 WIB
 Dirjen Pendis M. Ali Ramdhani pada Launching Hari Santri 2021, Selasa 21 September 2021
Dirjen Pendis M. Ali Ramdhani pada Launching Hari Santri 2021, Selasa 21 September 2021 /Foto: Humas Pendis/

BERITA SUBANG - Kementrian Agama mengadakan berbagai kompetisi dan sayembara seru dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2021 (HSN 2021), yang tahun ini mengusung tema "Santri Siaga Jiwa dan Raga".

Bulan lalu pada 21 September 2021 Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas merilis logo dan tema Peringatan Hari Santri 2021 di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin. 

Acara ini dihadiri Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Efendi mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang, Ketua Komisi VIII Yandri Susanto, serta perwakilan Kementerian/Lembaga, serta perwakilan Ormas Islam.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam M. Ali Ramdhani menyampaikan sejak Hari Santri ditetapkan pada 2015 oleh Presiden Joko Widodo, Kementerian Agama tidak pernah absen melakukan peringatan hari santri dengan mengusung tema yang berbeda-beda.

"Secara berturut-turut, pada 2016 mengusung tema ‘Dari Pesantren untuk Indonesia’. 2017, mengusung tema ‘Wajah Pesantren Wajah Indonesia’. 2018 mengusung tema ‘Bersama Santri Damailah Negeri’. Pada 2019, hari santri ‘bertema Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia’. 2020, Santri Sehat Indonesia Kuat. Sedangkan untuk Hari Santri tahun 2021 ini, setelah melalui berbagai tahapan panjang diskusi, hari santri tahun ini mengusung tema ‘Santri Siaga Jiwa dan Raga’," kata Dhani.

Tahun ini, kata Dhani, serangkaian kegiatan telah disiapkan untuk memperingati Hari Santri 2021 yang jatuh setiap 22 Oktober.

Kegiatan:

Dalam rangka menyemarakkan perayaan Hari Santri 2021, Pertama, Kemenag mengadakan Pesantren Virtual Exhibition.

Kedua, ada Sayembara Santri Siaga Jiwa Raga. Ini merupakan ajang kompetisi bagi santri dan masyarakat umum tentang karya dan inovasi bertema kepesantrenan. Adapun jenis sayembara yang dilakukan, adalah sayembara VAKSIN  yang merupakan akronim dari Video Aksi Kiai-Santri Indonesia.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x