Duta Besar Norwegia Sebut Krisis Energi di Eropa Dalam Kondisi Parah Akibat Invasi Rusia ke Ukraina

- 17 Oktober 2022, 00:45 WIB
Duta Besar Norwegia untuk Indonesia HE Rut Kruger Giverin ketika memberi kuliah umum di UGM
Duta Besar Norwegia untuk Indonesia HE Rut Kruger Giverin ketika memberi kuliah umum di UGM /Dok. Kedutaan Norwegia/

BERITA SUBANG - Duta Besar Norwegia untuk Indonesia HE Rut Kruger Giverin ketika memberi kuliah umum di Fisipol Universitas Gadjah Mada (UGM) sempat menyebut jika krisis energi di Eropa saat ini dalam kondisi parah akibat invasi Rusia ke Ukraina. 

Menurut Rut Kruger, krisis ini, menurutnya, dapat berdampak serius terhadap komitmen masyarakat global dalam menanggulangi isu-isu perubahan iklim global.

"Dislokasi pasar energi akibat perang juga dirasakan di belahan dunia lain termasuk di Indonesia," ujarnya di Fisipol UGM, bulan Agustus lalu, seperti dilansir dari ugm.ac.id.

Dalam kesempatan tersebut, Giverin memberi kuliah umum untuk para dosen, mahasiswa dan peneliti di UGM, yang digelar secara hybrid dengan tema “Europe’s Energy Crisis, Global Climate Commitment Challenges: Views from Norway and Indonesia”.

Rut Kruger mengatakan perang di Ukraina telah menyebabkan harga energi Eropa dan di dunia melonjak, mengakibatkan ada efek negatif pada konsumen dan ekonomi di berbagai belahan dunia.

Namun, bak blessing in disguise, alias berkah dalam kesulitan, kenaikan harga energi ini mendorong percepatan pengembangan energi terbarukan (renewable energy) yang murah di seluruh dunia.

"Sudah ada banyak bukti dari pemerintah dan perusahaan yang mengembangkan kerangka kebijakan dan memajukan investasi dalam energi terbarukan," ujarnya.

Rut Kruger mengatakan terkait upaya mengurangi emisi, Norwegia, secara bilateral telah menjadi pendukung kuat Indonesia untuk melestarikan hutannya.

Hutan hujan terbesar ketiga di dunia ada di Indonesia dan Indonesia memiliki beberapa wilayah lahan gambut dan bakau terbesar di dunia.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x