Indonesia Tanggapi Keras Pernyataan Mahathir Soal Klaim Kepulauan Riau Bagian Malaysia

- 22 Juni 2022, 08:20 WIB
Mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad.
Mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad. /Instagram/chedetofficial/

BERITA SUBANG - Mantan Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad tengah menjadi perhatian publik usia dirinya mengeluarkan pernyataan yang berbau kontroversi.

Dalam pidatonya, Mahathir mendesak Negeri Jiran harus mengklaim Kepulauan Riau dari Indonesia sebagai bagian wilayah Malaysia.

Hal itu diutarakan Mahathir dalam pidato pembukaan yang disiarkan media sosial Minggu 19 Juni 2022, sebagai mana ditulis media Singapura, Strait Times, Selasa, 21 Juni 2022.

"Kita harusnya tak hanya meminta Pedra Branca dikembalikan, atau Pulau Batu Puteh, kita juga harus meminta Singapura pun Kepulauan Riau, mengingat mereka adalah bagian dari Tanah Melayu (Malaysia)," kata Mahathir dikutip Rabu 22 Juni 2022. 

Baca Juga: Kepulauan Riau Diklaim Bagian dari Malaysia, Mahathir Mohamad Beri Penjelasan

Menurut Mahathir, luas lahan Malaysia dahulu terbentang dari Tanah Genting Kra di Thailand hingga Kepulauan Riau dan Singapura.

"Namun, wilayah tersebut sekarang terbatas di Semenanjung Malaysia," ujar Mahathir.

Mahathir juga bertanya-tanya apakah Malaysia bukan milik bumiputera (warga Melayu). Pasalnya banyak warga Melayu masih miskin dan cenderung menjual tanahnya.

"Jika kami menemukan kami salah, kami harus memperbaiki kesalahan ini sehingga tanah kami tetap tanah Melayu," kata Mahathir.

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x