SN11 Siap Diluncurkan Space X Setelah Prototipe SN10 Garapan Elon Musk Meledak Rabu Lalu

- 12 Maret 2021, 16:53 WIB
Hancur Berkeping-keping, Pesawat Luar Angkasa SN10 SpaceX Meledak Usai Mendarat.
Hancur Berkeping-keping, Pesawat Luar Angkasa SN10 SpaceX Meledak Usai Mendarat. /Tangkapan layar Twitter/@SpaceflightNow

BERITA SUBANG– Seminggu setelah meledaknya SpaceX SN10 sesaat setelah mendarat, kini SN11 dipersiapkan untuk melalui proses uji coba dan telah dibawa ke tempat peluncurannya di Texas, Amerika Serikat pada Senin 8 Maret 2021.

Melansir dari laman Republic World pada 11 Maret 2021, Kehadiran pesawat ruang angkasa ini pertama kali dicatat oleh situs pariwisata Spadre.com di mana organisasi tersebut membagikan sekilas roket SN11 melalui saluran YouTube-nya.

Namun, belum ada konfirmasi resmi dari pihak SpaceX  mengenai tanggal peluncuran pesawat ruang angkasa itu. Spekulasi berdatangan dari orang dalam industri yang memperkirakan tanggal peluncuran  SN11 terjadi sekitar satu minggu kedepan.

Pesawat ruang angkasa SN11 memiliki tinggi 48,7 meter dan lebar 9,1 meter. Pesawat ruang angkasa Ini dirancang untuk membawa lebih dari 100 metrik ton atau sekitar 110 ton.

Saat diluncurkan untuk misi di luar atmosfer Bumi, ia juga akan berdiri di atas salah satu roket Super Heavy SpaceX.

Baca Juga: Prototipe SpaceX Misi Mars 2021 Elon Musk Meledak 3 Detik Setelah Berhasil Mendarat, Lihat Videonya di Sini

Seorang fotografer bernama Austin Barnard yang mengabadikan persiapan SN11 pun mengunggah dalam akun twitternya harapan agar SN11 berhasil.

“Tepat sebelum SN11 ditempatkan di dudukan peluncuran, karyawan SpaceX menurunkan setiap kaki pendaratan. Mengujinya, tidak seperti selama penerbangan SN10; mudah-mudahan mereka akan menerapkan dengan benar kali ini,” ujarnya.

SpaceX sendiri merupakan singkatan dari Space Exploration Technologies Corp. yang didirikan pada tahun 2002 oleh Elon Musk dengan tujuan  mengurangi biaya transportasi ruang angkasa untuk memungkinkan kolonisasi Mars. 

 ***

Editor: Muhamad Al Azhari

Sumber: Republic World


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x