Gunung Terbesar dan Teraktif di Eropa Erupsi, Lihat Foto dan Video Letusan Dahsyatnya di Sini

- 26 Februari 2021, 17:19 WIB
Letusan Mt. Etna terlihat dari ASTER milho NASA
Letusan Mt. Etna terlihat dari ASTER milho NASA /Foto: NASA/METI/AIST/Japan Space Systems, and U.S./Japan ASTER Science Team/

BERITA SUBANG– Gunung Etna, yang merupakan gunung teraktif dan terbesar di benua Eropa terlihat mengalami erupsi sejak 16 Februari 2021.

Dilansir dari laman abcnews pada 25 Februari 2021, gunung berapi yang menjulang di atas Sisilia timur, Itali tersebut meletuskan lava yang menjulang tinggi seperti air mancur, kemudian menuruni lereng timur gunung menuju Lembah Bove dengan lebar lima kilometer, sepanjang delapan kilometer pada 16 Februari.

Beruntung, Lembah Bove tersebut diketahui tidak berpenghuni sehingga tidak terdapat korban jiwa. Gunung tersebut juga menyembutkan abu dan batu lava yang menghujani sisi selatan gunung. 

Letusan gunung tersebut pun terlihat dari ASTER (Advanced Spaceborne Thermal Emission and Reflection Radiometer) milik NASA yang foto nya dibagikan di laman resmi NASA pada 23 Februari 2021 seperti terlihat dibawah ini.

Melansir dari laman Euro News pada 23 Februari 2021, letusan tersebut memaksa Bandara Catania Sisilia untuk ditutup sementara.

Penduduk di desa Pedara dekat kawah mengatakan bahwa letusan gunung Etna tidak hanya memuntahkan abu, tetapi juga bongkahan besar batu vulkanik di seluruh area.

Baca Juga: Bikin Penasaran, Lihat Foto Mars dari Hasil Jelajah NASA

Tak lama berselang, pada malam pergantian antara 22 Februari menuju 23 Februari 2021, Boris, Ahli Vulkanologi dari INGV-Osservatorio Etneo, Catania, Sisilia, Itali mengunggah melalui akun twitternya gambar letusan gunung tersebut yang lebih dahsyat di 23 Februari 2021 sekitar pukul 01.00AM waktu setempat.

"Apakah saya menyebut paroxysm 20-21 Februari dari #Etna "sangat kuat"? Nah, penggantinya, pada malam 22-23 Februari, JAUH lebih bertenaga. Kolom letusan subplinian dilihat dari rumah, Tremestieri Etneo, 23 Februari 2021, sekitar pukul 01.00 waktu setempat," tulisnya dalam keterangan unggahan tersebut. 

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari

Sumber: YouTube Sobat Dosen Twitter ABC News Euro News NASA / JPL-Caltech


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x