FAO Puji Komitmen Jokowi Turunkan Deforestasi Hingga 90 Persen

- 2 Januari 2021, 09:32 WIB
Richard Trenchard, FAO Representative ad interim for Indonesia
Richard Trenchard, FAO Representative ad interim for Indonesia /Humas KLHK/

BERITA SUBANG - Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia (Food and Agriculture Organization/FAO mengapresiasi kemajuan perhutanan Indonesia 2020.

Menurut organisasi yang berada di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), pendekatan yang dilakukan pemerintah Jokowi dalam mengelola 120 juta ha, termasuk 93 juta ha tutupan pohon, disebutnya luar biasa

Richard Trenchard, FAO Representative ad interim for Indonesia menilai, Indonesia punya undang-undang yang kuat, penggunaan solusi digital inovatif untuk mendorong kebijakan dan pengambilan keputusan berbasis bukti, pengaturan tata kelola yang sangat berkembang.

Baca Juga: 1 Januari 2021, Inggris Pisah dari Uni Eropa

“Hebatnya lagi semua pengelolaan melibatkan semua tingkat pemerintahan, serta komitmen kuat memberi solusi berorientasi komunitas. Semua fakta yang tersajikan secara baik dalam State of Indonesia’s Forests 2020,” kata Trenchard dalam Refleksi: SOIFO 2020, Hints dan Seek 2021, di Jakarta, akhir tahun 2020.

Trenchard memuji penurunan tingkat deforestasi di Indonesia. “Turunnya deforestasi hampir 90% dari titik tertinggi pada awal abad ini merupakan lompatan besar bagi Indonesia,” kata Trenchard.

 Trenchard melihat Pemerintahan Jokowi berupaya mendemokratisasi alokasi sumber daya hutan, mengelola hutan negara secara lestari, dan mencegah deforestasi dan degradasi sumber daya hutan.

Baca Juga: Asal Taat Hukum, Mahfud MD Persilakan FPI Ganti Nama, Forum Penjaga Ilmu Juga Boleh

Selain itu, Pemerintah Jokowi mampu memastikan keadilan lingkungan dan persamaan kesempatan bagi seluruh masyarakat Indonesia, termasuk masyarakat Hukum Adat.

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah