APBI Ungkapkan Batu Bara Masih Salah Satu Energi Paling Murah di Dunia, di Indonesia Ketersediaan Cukup Banyak

- 11 Maret 2022, 03:09 WIB
Ilustrasi tambang batu bara.
Ilustrasi tambang batu bara. /ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/rwa/aa

BERITA SUBANG - Direktur Eksekutif Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI) Hendra Sinadia mengatakan bahwa sejauh ini batu bara masih terbukti menjadi sumber energi paling murah alias affordable di dunia.

Batu bara juga mampu memenuhi unsur untuk ketahanan energi nasional.

“Ketersediaan batu bara ini relatif masih cukup banyak dan dapat diterima. Apalagi dengan perkembangan teknologi pembangkit yang rendah emisi,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima BeritaSubang.com Kamis, 10 Maret 2022.

Lebih lanjut, Hendra Sinadia menuturkan saat ini batu bara menjadi incaran dunia seiring dengan ketidakpastian pasokan minyak dan gas bumi akibat invasi Rusia dan Ukraina.

Bahkan, sejumlah negara pengguna gas alam sebagai sumber energi utama mulai mengambil ancang-ancang kembali memakai batu bara sebagai energi.

Beberapa di antaranya adalah Italia dan Jerman.

Kedua negara ini dikenal menggunakan memilih menggunakan gas sebagai sumber energi bagi pembangkit listrik. Tingginya harga gas membuat negara itu memilih kembali mengoperasikan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) berbasis batu bara.

Hendra berpendapat situasi ini memberikan dampak positif bagi Indonesia, sebab negara terbesar ke-4 dari sisi populasi di dunia menjadi salah satu negara penghasil batu bara termal terbesar di dunia.

Jenis batu bara ini digunakan oleh dunia sebagai sumber energi bagi pembangkit listrik.

Berdasarkan data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, produksi batu bara dalam negeri telah mencapai 74,02 juta ton hingga 4 Maret 2022. Jumlah ini setara dengan 11,16 persen dari target yang telah ditetapkan pemerintah yakni 663 juta ton hingga akhir tahun nanti.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x