INA Jalin Kemitraan Strategis $7,5 Miliar dengan DP World untuk Kembangkan Pelabuhan di Indonesia

- 31 Oktober 2021, 20:44 WIB
Dok. Indonesia Investment Authority
Dok. Indonesia Investment Authority /

BERITA SUBANG - Indonesia Investment Authority (INA) menandatangani perjanjian aliansi strategis dengan Dubai Ports World (DP World) untuk menghadirkan ekosistem manufaktur global dalam meningkatkan kualitas layanan maritim dan logistik di Indonesia.

Dalam pernyataan tertulis Minggu, 31 Oktober 2021, disebutkan nilai ekonomis kemitraan jangka panjang antara INA dan DP World ini mencapai $7,5 miliar.

Kemitraan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengoperasian pelabuhan, mengurangi biaya logistik, dan meningkatkan daya saing Indonesia, yang merupakan negara kepulauan yang memiliki lebih dari 17.000 pulau.

DP World merupakan penyedia logistik rantai pasok global berbasis di Dubai, yang memiliki kapabilitas logistik berbasis data dan infrastruktur berstandar internasional.

Kemitraan antara INA dan DP World diharapkan dapat membawa teknologi kelas dunia untuk pengembangan terminal baru dan aset kepelabuhanan lainnya di Indonesia.

Selain itu, kerja sama antara INA dan DP World juga bertujuan untuk menciptakan efisiensi transportasi laut serta meningkatkan lalu lintas antarpulau dan internasional.

Pembentukan konsorsium

DP World dan INA akan membentuk konsorsium dan tim kerja guna menjajaki peluang investasi pada berbagai pelabuhan di wilayah Indonesia, termasuk hinterland, terminal domestik, lapangan kargo, sistem jaringan, transportasi menuju dan dari pelabuhan, hingga zona industri.

Kedua belah pihak akan menjajaki kerja sama dengan PT Pelabuhan Indonesia (Persero).

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x