Merantau sampai Subang, Ucok Kembangkan Bisnis Rongsok Bagikan Tips Sukses: Hormati dan Bahagiakan Orangtua

- 19 November 2023, 16:35 WIB
Ucok, pemuda asal Dairi Sumatra Utara, berhasil kembangkan bisnis rongsok di Subang, Jawa Barat.
Ucok, pemuda asal Dairi Sumatra Utara, berhasil kembangkan bisnis rongsok di Subang, Jawa Barat. /

BERITA SUBANG,- Upaya keras selama belasan tahun mewujudkan mimpi hidup enak telah berhasil diraih Ucok di tanah rantau. Ucok sukses kelola sampah atau barang rongsok menjadi bisnis yang cukup menjanjikan.

Pergumulan mengadu nasib Ucok di perantauan hingga melabuhkan diri di Kabupaten Subang - Jawa Barat, berbuah manis. Ucok juga tak segan berbagi kiat suksesnya dalam menjalankan bisnis. Selalu menghormati orangtua sekaligus membahagiakan keduanya adalah prinsip hidup sehari-hari yang dipegang teguh dan dijalankan Ucok.

Meski Ucok mengaku belum merasa sukses, ayah satu anak balita laki-laki itu kini sedang menapaki dan mamantapkan pilihannya menekuni bisnis rongsok di wilayah Pagaden, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Pria berusia 32 tahun asal Kabupaten Dairi, Provinsi Sumatera Utara ini terus konsisten mengembangkan usahanya di bidang jual beli barang rongsok, mulai dari sampah berbahan plastik, besi hingga dan berbagai jenis bahan logam lainnya.

Bermotif awal mengubah pedihnya menjalani hidup keseharian di masa kecil, belasan tahun lalu Ucok muda mulai memutuskan berpetualang demi mencari penghasilan demi memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarganya.

Ucok mengaku sejak kecil sudah ditempa pahitnya menjalani hidup, Bahakan untuk mendapat sesuap nasi saja sulit.

"Nggak cuma susah. semenjak ibu sakit struk, semua barang yang ada habis semua dijualin untuk makan," jawab Ucok mengenang masa lalunya, saat ditanya Berita Subang, disela aktivitasnya saat mengawal bongkar muat barang rongsok di salah satu gudangnya, pada Minggu (19 November 2023).

Pria yang memiliki nama asli Maruba Situmorang ini kemudian bercerita awal mula hingga kini ia menetap di Subang. Kisah berawal belasan tahun silam saat Ucok memutuskan untuk keluar rumah dan bekerja guna membantu biaya berobat ibunya sekaligus memperbaiki taraf hidup keluarganya. 

Sebelum sampai tanah Jawa, Ucok masih sempat mengadu nasib di Pulau Sumatera. Saat anak seusianya mengenyam pendidikan pada tingkat SMP, Ucok harus rela meninggalkan bangku kelas 1 sekolahnya demi mencari uang, membantu ayahnya guna membiayai berobat ibunya yang sakit berkepanjangan.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x